Pustakawan IAIN FM Raih Juara III Lomba Pustakawan Berprestasi Papua

(Jayapura, 2 Juli 2019) – Pustakawan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Tuwaji, S.Sos, M.Si, meraih Juara III dalam Lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Papua, yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Papua 25 – 27 Juni 2019 di Perpustakaan Daerah Papua di Kotaraja, Jayapura.
Sesi foto bersama para pemenang lomba

Dalam lomba tahunan itu, peserta mengerjakan 50 soal tertulis dan wawancara seputar kemampuan Pustakawan, sejarah perpustakaan, organisasi perpustakaan, profesi Pustakawan dan hal hal lain mengenai perpustakaan secara keseluruhan.
“Kami juga ditanyakan bagaimana dan apa peran pustakawan dalam lembaga, yang mana saya sampaikan bahwa kita ikut berperan saat menyiapkan akreditasi perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Papua sehingga mendapat Akreditasi B,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, 2 Juli 2019.
Peserta perlombaan berasal dari perwakilan Pustakawan perpustakaan umum, perpustakaan daerah dan perpustakaan perguruan tinggi yang ada di Provinsi Papua. Lomba dimulai dengan tahapan awal di tingkat provinsi. “Nanti pemenang dari setiap provinsi akan diadu lagi ke tingkat nasional di Jakarta,” ucapnya. Menurut Tuwaji, saat ini perlu digiatkan literasi informasi dan peranan Pustakawan dalam meningkatkan sumber daya manusia.
“Di era milenial seperti ini akses informasi mudah sekali di dapat, ini seperti 2 mata pisau yang mana bila digunakan dengan benar dapat bermanfaat namun jika disalahgunakan dapat menjerumuskan kita pada hal hal yang tidak diinginkan,” tuturnya. Dengan hasil ini, ia mengaku belum puas dan yakin akan dapat mencapai prestasi lebih baik di masa yang akan datang.
“Mudah-mudahan dengan lomba ini dapat meningkatkan profesionalisme Pustakawan di Indonesia,” pungkasnya.
Dikutip dari laman, pustakawanmendunia.org, Perpustakaan Nasional sebagai Instansi Pembina Pustakawan, berupaya meningkatkan kompetensi dan mengembangkan profesionalisme Pustakawan secara sistematis dan berkelanjutan, dengan menyelenggarakan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional secara periodik. Kompetisi ini diharapkan dapat memotivasi Pustakawan Indonesia untuk lebih bersemangat dalam bekerja dan berkarya.(Her/Zul) 

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus