IAIN FM Papua Raih Juara Pertama Cashless Award

 (iainfmpapua.ac.id) –  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua kembali meraih penghargaan pada ajang Cashelss Award yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Papua, 19 Desember 2023. Pada ajang ini IAIN Fattahul Muluk Papua berhasil meraih juara pertama pada kategori Penggunaan Cash Management System (CMS) Virtual Account Bendahara Pengeluaran dengan Frekuensi transaksi terbanyak tahun 2023.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Provinsi Papua Moudy Hermawan, S.E., M.M., Ph.D mengapresiasi satuan kerja di lingkup DJPb Provinsi Papua yang sudah turut menggalakkan program CMS. “Ajang award ini hadir untuk mengapresiasi para satker yang sudah berdedikasi dan berkomitmen untuk menghadirkan pengelolaan keuangan yang baik dengan menggunakan CMS,” ujarnya. ia mengatakan CMS ini membantu menghadirkan transparansi pengelolaan keuangan di lembaga pemerintah. “Budaya cashless atau nontunai ini hadir agar pengelolaan keuangan negara lebih baik dan transparan,” tuturnya. Kakanwil DJPb meminta para satker yang sudah menggunakan CMS agar menularkannya kepada Instansi lain di sekitar. “Saat ini di wilayah Papua penggunaannya masih rendah, padahal manfaatnya sangat banyak dan memudahkan,” tutupnya.

Wakil Rektor (Warek) I IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Talabuddin Umkabu, M.Pd yang menerima penghargaan ini menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi kinerja seluruh tim di IAIN Fattahul Muluk Papua. “Dengan adanya award yang diterima ini dapat menambah semangat dalam bekerja, tidak hanya tim keuangan namun juga seluruh sivitas akademik lainnya,” ujarnya usai menerima penghargaan. Menurut Warek I, CMS merupakan program yang memudahkan lembaga dalam bertransaksi. “Tidak hanya itu, CMS juga membantu meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan di IAIN Fattahul Muluk Papua,” ucapnya. Selain itu, CMS mempermudah pertanggung jawaban pengelolaan keuangan kepada lembaga. Pihaknya berharap agar seluruh unit dapat menerapkan system yang mudah, akuntable dan transparan. “Utamanya dalam pelayanan akademik, ini sudah mulai kita terapkan dan diharapkan kedepannya dapat dilakukan secara massif dengan pola digitalisasi seperti ini sehingga pelayanan lebih mudah, cepat dan tepat,” pungkasnya.


CMS Banking adalah layanan yang disediakan oleh perbankan bagi institusi atau perusahan untuk melakukan transaksi perbankan secara online dan real time 24 jam. Salah satu kecanggihannya, transaksi dapat dilakukan dimana saja, meskipun pejabat berwenang tidak berada di tempat kerja. Hal ini karena fiturnya memungkinkan untuk dapat diakses menggunakan versi mobile. Otorisasi transaksi oleh signer/approval dilakukan dengan menggunakan secure ID token yang mudah dibawa atau bersifat portable dengan kode PIN yang dinamis. Setelah diotorisasi, bukti transaksi akan tersimpan secara online pada sistem internet banking.

Juara kedua diraih oleh TVRI Papua, dan juara ketiga diperoleh oleh Pengadilan Negeri Jayapura. Kegiatan ini dihadiri peserta dari lintas kementerian dan lembaga lainnya di seluruh Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus