Seminar Proposal Penelitian LPPM: Kembangkan Semangat Meneliti Kepada Sivitas Akademik

(iainfmpapua.ac.id) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar ‘Seminar Proposal Penelitian Tahun 2024’ , di ruang LPPM, 20 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III, Dr. Suparto Iribaram, MA menuturkan bahwa kegiatan ini dapat mengembangkan semangat penelitian kepada sivitas akademik kampus. “Ini merupakan semangat baru yang digagas oleh LPPM untuk memberikan motivasi bagi teman-teman dosen dan peneliti,” ujarnya. Menurutnya, para peserta harus mampu memberikan presentasi terkait ide tulisan yang dibuat kepada LPPM sebagai unit yang bertugas memfilter perkembangan riset IAIN Papua. Suparto juga berpesan kepada para dosen-dosen muda agar bisa melakukan riset. “Berkompetisilah untuk mendapatkan ide dan gagasan agar dapat bersaing dengan teman-teman di luar kampus,” ujarnya. Menurutnya, semakin banyak kompetisi yang dilakukan maka tulisan yang dibuat semakin berkualitas. “Jika tidak ada kompetisi maka tulisan yang kita hasilkan akan biasa saja dan tidak berkembang,” imbuhnya. Suparto juga menekankan pentingnya relevansi antara judul artikel dengan isinya. “Jika judul yang dibuat sudah bombastis maka isinya juga harus berkualitas, untuk mencapai target tersebut maka dibuatlah seminar ini sebagai ajang untuk memberikan pemahaman, masukan dan diskusi terhadap proposal yang sudah teman-teman buat,” tuturnya. Pihaknya juga berharap riset-riset yang dilakukan oleh dosen dan peneliti dari IAIN Papua dapat berkontribusi pada dunia penelitian. Ia mengingatkan perlunya melakukan tahapan riset yang sesuai dengan regulasi.

Ketua LPPM Dr. Ade Yamin, MA menerangkan bahwa pihaknya akan memiliki perubahan pada format penelitian di tahun 2024. “Kami akan menyelenggarakan kegiatan pada awal Januari dengan penguatan metode pengumpulan data penelitian, terkait tambahan pemahaman bagaimana cara pengumpulan data yang benar,” terangnya. Ade Yamin juga menyebutkan pihaknya akan memberikan seminar terkait cara menindaklanjuti data yang sudah terkumpul. “Langkah selanjutnya, bagaimana cara kita memilah atau menghubungkan data yang sudah ada dan relevan dengan teori yang kita teliti, setiap tahap penelitian akan kita lakukan mulai dari tahapan awal hingga tahap akhir penulisan,” jelasnya. Target LPPM di tahun 2024 yakni mendukung dan memfasilitasi semua dosen dan peneliti agar memiliki artikel yang terbit. Pihaknya juga akan memberikan reward bagi dosen dan peneliti yang artikel dan karyanya berhasil masuk Jurnal terindeks Scopus.

Kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari mulai dari 20-21 Dsember 2023 ini menghadirkan narasumber, Dr. Serli Patasik, M.Th dari STAKPN. Pembukaan kegiatan dihadiri oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus