BAN-PT Asesmen Lapangan Prodi PAI IAIN FM Papua

 (iainfmpapua.ac.id) –  Tim Asessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan asesmen lapangan (AL) kepada Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua secara daring, 28 September 2023.


Dalam sambutannya, Wakil Rektor I IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd menerangkan bahwa kegiatan ini adalah wujud penjaminan kualitas perguruan tinggi IAIN Fattahul Muluk Papua di mata public. “Ini merupakan suatu system jaminan mutu eksternal yang diselenggarakan oleh BAN-PT yang berwenang untuk memberikan pengakuan resmi bahwa suatu lembaga mempunyai kemampuan untuk melakulan kegiatan tertentu dalam hal ini pelayanan di bidang pendidikan,” ucapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Zulihi, M.Ag mengatakan bahwa proses akreditasi merupakan bagian penting untuk menjamin mutu sebuah program studi. “Karena ini menentukan kelayakan dalam mengelola prodi dan berdampak bagi lulusan di masyarakat dan dunia kerja nantinya,” ucapnya. Ia menambahkan, Fakultas Tarbiyah melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan kualitas output lulusannya. “Salah satunya ialah dengan peninjauan dan evaluasi dari Badan Akreditas Nasional- Perguruan Tinggi melalui Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi atau PEPA,” tuturnya. Pada proses asesmen lapangan kali ini, BAN-PT mengirimkan dua assesor yakni Prof Dr. H. Asaril Muhajir, M.Ag dan Prof. Dr. H. Sugeng Listio Probowo, M.Pd. Dekan turut mengapresiasi Tim Akreditas Prodi PAI yang sudah bekerja dengan sungguh-sungguh menyiapkan data kinerja dan laporan evaluasi kinerja bersama dengan dokumen pendukungnya. “Kami berharap seluruh kerja keras tim Akreditasi Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dapat membuahkan hasil dan tetap mempertahankan nilai akreditasinya,” terangnya.

Dalam paparannya, Assesor BAN-PT Prof. Dr. H. Sugeng Listio Probowo, M.Pd meminta sivitas akademik Fakultas Tarbiyah agar mengerahkan seluruh kemampuannya dalam asesmen lapangan kali ini. Ia berharap hasil dari asesmen lapangan ini nantinya dapat memuaskan seluruh pihak.

Proses AL ini diikuti Kepala Biro AUAK, para dosen, tenaga kependidikan, alumni dan mahasiswa di lingkungan Prodi PAI dan Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus