Permudah Layanan Akademik, TIPD IAIN Papua Sosialisasikan Aplikasi SILA

(iainfmpapua.ac.id)  Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Sosialisasi Instrumen Mutu Layanan Akademik melalui aplikasi SILA, secara daring, 12 September 2023.


Kepala TIPD Abubakar Sidik, S.HI menjelaskan bahwa aplikasi ini bertujuan mengintegrasikan sistim layanan
  akademik ke FORLAP Ristek Kemdikbud Dikti dan layanan Kepegawaian Kementerian Agama. “Selain itu untuk tertib administrasi, agar yang sebelumnya dilakukan secara manual dan terpisah, kini semua dilakukan dengan satu sistim terintegrasi,” tuturnya. Aplikasi Sistem Layanan Akademik (SILA) akan mempermudah pengurusan dan proses administrasi bagi mahasiswa, dosen dan juga tenaga kependidikan (tendik) di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua.

Tim TIPD Agung Mustofa, S.Kom juga menyampaikan beberapa kelebihan dari aplikasi berbasis online ini. “Berkas atau dokumen administrasi terarsip secara rapi, selain itu sistem pelayanan administrasi menjadi satu pintu sehingga bisa memberikan pelayanan secara terorganisir, terpadu dan terbuka kepada mahasiswa, dosen dan tendik,” paparnya. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur sesuai kebutuhan dan hak akses masing-masing. “Untuk mahasiswa bisa mengakses fitur status aktif mahasiswa, pembiayaan, update biodata mahasiswa, pengajuan KRS online, laporan riwayat akademik yang sudah tersinkron ke PDDIKTI,” ujarnya. Sedangkan hak akses yang diberikan pada dosen berupa fitur jadwal mengajar. “Dan juga validasi KRS atau dosen wali, penilaian dan evaluasi pembelajaran, sedangkan untuk tendik sebatas ruang lingkup operator yang terlibat saja seperti validasi kurikulum, kelas kuliah, penjadwalan dan kestatusan,” terangnya.

Wakil Rektor I (Warek I), Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd meminta para dosen, mahasiswa dan juga tendik agar bisa komitmen bersama dalam menerapkan aplikasi SILA. “Aplikasi ini memiliki banyak manfaat dan juga efisien dalam pengarsipan, khususnya dokumen-dokumen penting, sehingga ketika suatu saat membutuhkan dokumen bisa langsung di akses,” tuturnya. Menurutnya, aplikasi ini juga akan terintegrasi dengan education online system (EDOS). “Sehingga bisa memantau kinerja dan juga karya-karya yang dihasilkan oleh dosen,” imbuhnya.


Ketua LPM IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Siti Rokhmah, M.Pd berharap, aplikasi SILA dapat membantu melakukan monitoring dan evaluasi. “Sehingga dengan bantuan aplikasi ini dapat meningkatkan mutu layanan akademik dan administrasi di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua,” ungkapnya. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen, mahasiswa dan tendik di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus