IAIN FM Papua Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

 (iainfmpapua.ac.id)Warga kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Masjid Kampus, Jalan Merah Putih Buper Waena, Kota Jayapura, 29 September 2023.

Dalam tausiyahnya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Marwan Sileuw, M.Pd mengajak seluruh jamaah untuk meneladani perilaku hidup Nabi Muhammad SAW. “Hidup kita tidak ada artinya jika tidak berpedoman kepada Rasulullah, sehingga perlu untuk mengikuti dan mengamalkan pedoman Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya. Dalam Al-Qur’an, lanjutnya, banyak dijelaskan dan digambarkan terkait sosok Rasulullah. “Mulai dari sebelum lahir hingga menjadi nabi dan Rasul, dan ketika wafat, semua kepribadian beliau tercatat dalam Al-qur’an,” imbuhnya. Selain itu, jika ingin mencontah pedoman Rasulullah, maka umat harus menjadikan Al-qur’an sebagai taman bacaan. “Perlu dipahami uswah memiliki makna teladan atau sosok yang diikuti, karena dalam diri Rasulullah tercermin perilaku, pribadi, dan akhlak yang mulia,” tuturnya. 

Rektor juga menyampaikan amalan-amalan sebelum tidur yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Diantaranya amalan sebelum tidur, yaitu membaca atau menghatamkan Al-qur’an yang bisa diamalkan dengan membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 3 kali, kemudian Al-Falaq, dan An-Naas,” jelasnya. Amalan kedua yang bisa diterapkan adalah bersholawat sebelum tidur. “Dengan membaca sholawat nabi maka para nabi dan rasul akan memberikan syafaat bagi kita di akhirat nanti, serta amalam yang ketiga yakni beristighfar dengan memohonkan ampunan untuk para muslimin,” ungkapnya. Amalan terakhir adalah dengan cara memperbanyak bertasbih. “Dengan membaca Subhanallah wal hamdulillah wala ila ha ilallahu wallahu akbar,” terangnya. Rektor berpesan agar seluruh ASN maupun mahasiswa di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua dapat menerapkan amalan yang diajarkan Rasulullah tersebut. “Wasiat atau amalan yang disampaikan Rasulullah tidak hanya ditujukan kepada Istri beliau saja namun juga bagi seluruh umatnya, dengan melaksanakan amalan tersebut semoga kita semua bisa mendapat syafaat Rasulullah,” urainya.

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW diisi dengan lantunan sholawat bersama seluruh jamaah yang dipimpin ustad Dr. H. Moh. Wahib, Lc, MA. Kegiatan dengan tema ‘Internalisasi Nilai Uswatun Hasanah Rasulullah SAW Dalam Kehidupan Sehari-hari’ ini dihadiri oleh para pejabat, dosen, tenaga kependidikan, Dharma Wanita Persatuan, dan mahasiswa di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)



Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus