Yudisium Fakultas Tarbiyah 2: Alumni Harus Percaya Diri Value Masing-Masing

(iainfmpapua.ac.id) – Para alumni Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua harus percaya diri dengan memahami value atau nilai diri masing-masing. Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag, M.Pd menekankan hal ini dalam ‘Yudisium Fakultas Tarbiyah Gelombang II Tahun 2023’ di salah satu hotel di Jayapura, 5 September 2023.

“Tunjukanlah bahwa kalian adalah lulusan sarjana pendidikan yang berakhlak dengan menjaga pribadi dan perilaku anda kapan dan di mana saja,” ungkapnya. Rektor berpesan agar para alumni bisa menempatkan diri di dunia kerja sesuai dengan keahlian yang selama ini dipelajari. “Bertanggung jawablah terhadap gelar yang kalian miliki dengan mampu mengimplementasikan keilmuannya di masyarakat, dan jangan berhenti belajar, karena menuntut ilmu itu tidak ada habisnya, maka terus kembangkan diri dan kemampuan kalian dalam bidang ilmu yang digeluti selama ini,” tuturnya. Dengan terus belajar, lanjutnya, para alumni tetap dapat mengamalkan ilmu yang selama ini diperoleh. “Sehingga kemampuan anda dalam membuat strategi belajar mengajar bisa maksimal saat diimplementasikan di dunia kerja,” terangnya. Rektor juga berharap para alumni bisa menjadi lulusan yang hebat dan yang bisa dihargai dalam lingkungan masyarakat.

Dalam sambutan sebelumnya, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Zulihi, M.Ag mengatakan kepada para alumni agar bisa bertanggung jawab terhadap gelar yang sudah diperoleh. “Ada konsekuensi dan tanggung jawab yang berat dari gelar yang anda peroleh hari ini yakni kalian wajib untuk terus meningkatkan dan mengembangkan diri,” ungkapnya. Menurutnya, di era digital saat ini perkembangan terus berjalan tanpa henti. “Sehingga tugas dan tanggung jawab anda khususnya dalam dunia pendidikan harus terus di eksplorasi agar anda tidak ketinggalan jaman dan terus update,” tuturnya. Zulihi juga berpesan agar para alumni bisa menjadi panutan dan juga inspirator bagi masyarakat.

Alumni Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Lilis Karlinam S.Pd mewakili para lulusan Fakultas Tarbiyah berpesan kepada rekan seperjuangannya agar bisa menjadi role model bagi masyarakat. “Mari harumkan nama baik dan memajukan kampus dengan menunjukkan bahwa lulusan IAIN Papua merupakan orang-orang yang bermental tangguh,  memiliki pribadi yang teladan dan tunjukkan kualitas terbaik diri kita dengan memberikan usaha terbaik,” ujarnya.

Dekan Tarbiyah mengukuhkan 50 lulusan Fakultas Tarbiyah Gelombang 2 dengan 1 orang peraih predikat cumlaude dengan IPK tertinggi 3,96 atas nama Lilis karlina. Ketua panitia Ika Putra Viratama, M.Pd memaparkan, Fakultas Tarbiyah meyudisium 12 peserta dari prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), 6 peserta dari prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), 17 peserta dari prodi Tadris Bahasa Inggris, 1 peserta dari prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), 9 peserta dari prodi Tadris Matematika dan 5 peserta dari prodi Manejemen Pendidikan Islam.

Kegiatan yudisium ini dihadiri para pejabat, dosen, tenaga kependidikan, dan anggota Dharma Wanita Persatuan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus