PPL, Moment Tunjukkan Skill Mahasiswa Fakultas Tarbiyah di Lapangan

(iainfmpapua.ac.id) – PPL merupakan moment yang tepat untuk menunjukkan skill dan mengaplikasikannya di lapangan. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag, M.Pd menyampaikan hal ini dalam ‘Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)’ yang diselenggarakan Fakultas Tarbiyah, di aula kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 18 September 2023.

“Tunjukkanlah kemampuan yang kalian pelajari selama ini kepada masyarakat baik itu di sekolah maupun di kantor, sehingga semua materi dan teori yang dipelajari selama ini dapat diimplementasikan dengan maksimal,” ujarnya. Menurutnya, mahasiswa sudah cukup memahami konsep strategi belajar mengajar yang sudah disampaikan oleh para dosen. “Bagaimana cara bicara di depan siswa, cara menyampaikan materi, cara mendekati siswa dan cara mengolah kelas, kemampuan tersebut jangan hanya bisa dikuasai saat di dalam ruang kuliah saja, namun harus bisa diaplikasikan di luar kampus,” terangnya. Rektor juga berpesan bahwa PPL ini bertujuan menambah pengalaman mahasiswa sehingga tidak kaku ketika mengaplikasikan keilmuannya di lapangan. “Karena keterampilan dan kompetensi anda bisa tercipta di lapangan, anda akan banyak berkarir, berkarya dan menyelesaikan masalah di luar kampus maka perbanyak adaptasi dengan lingkungan luar,” tuturnya. Rektor juga berharap para mahasiswa PPL bisa menjaga diri dan menjaga nama baik kampus di manapun ditempatkan. “Banyak tantangan yang akan kalian hadapi nantinya maka berusahalah semaksimal mungkin agar bisa jadi pendidik yang berkualitas,” imbuhnya.



Dalam sambutan sebelumnya, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Zulihi, M.Ag mengatakan kepada para mahasiswa PPL agar memiliki sikap profesionalisme. “Yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan dan kreativitas harus bisa ditunjukkan, karena hampir semua sekolah dari tingkat SLTA dan SLTP sederajat sudah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ungkapnya. Menurutnya, mahasiswa sudah dibekali kompetensi dari sisi akademik terkait MBKM dari semester 1-6. “Mahasiswa harus menyesuaikan diri dengan dinamika atau aturan yang ditetapkan di sekolah, manfaatkanlah moment ini sebagai peluang anda untuk bisa menganalisa masalah atau tantangan yang ada di sekolah sehingga bisa anda jadikan bahan kajian untuk skripsi nanti,” urainya.

Ketua panitia Ika Putra Viratama, M.Pd memaparkan, kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum diterjunkan ke tempat PPL. “PPL ini nantinya akan diadakan di beberapa sekolah sebagai latihan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan praktik pembelajaran secara rill dan utuh dalam kerangka lesson study,” terangnya. Ika juga berharap calon mahasiswa PPL dapat menerapkan berbagai keterampilan keguruan secara utuh dan terintegrasi.

Kegiatan pembukaan pembekalan PPL ini dihadiri para pejabat, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa semester 7 di lingkungan Fakultas Tarbiyah. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus