Terapkan Kerjasama, FEBI IAIN Papua Gelar Kuliah Tamu On The Spot di Kantor Pegadaian

(iainfmpapua.ac.id) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menyelenggarakan kegiatan Kuliah Tamu On the spot di PT. Pegadaian Jayapura, 31 Agustus 2023. Ketua Program Studi Perbankan Syariah Fachruddin Fikri Affandi M.E mengatakan kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Prodi Perbankan Syariah dengan PT. Pegadaian Jayapura.Ini juga bagian dari implementasi kerjasama antara FEBI dengan PT. Pegadaian Jayapura dalam hal memberikan kuliah praktik secara langsung,” ucapnya. Menurutnya, kuliah on the spot memberikan mahasiswa banyak pengetahuan baru tentang proses gadai yang dilakukan oleh PT. Pegadaian melalui praktik. “Kami akan melaksanakan kuliah praktik seperti ini dengan stakeholder lain yang telah bekerjasama dengan FEBI agar mahasiswa mendapatkan banyak pengetahuan praktik operasional pada lembaga keuangan baik bank maupun non bank,” pungkasnya.

Dihubungi secara terpisah, Manager Non Gadai PT. Pegadaian Jayapura Andri Parlindungan Napitupulu menjelaskan tentang Gadai Experience.Ini menjelaskan tentang alur dari gadai di Pegadaian seperti apa,” urainya kepada tim Humas. Pihaknya menyampaikan, manfaat dari kegiatan ini tidak hanya dirasakan mahasiswa namun juga pihak pegadaian sendiri.Melalui kegiatan seperti ini, Pegadaian lebih dikenal lagi oleh generasi muda,” ucapnya. Menurut Andi, selama ini produk gadai lebih dikenal oleh masyarakat umur 30 tahun ke atas.Dan melalui kegiatan ini juga kami berharap dapat menambah nasabah pembiayaan aktif,” terangnya.

Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah semester 3 Muhammad Randy yang mengikuti kegiatan ini bersyukur dapat terjun langsung dan bisa praktik melihat mekanisme kerja di lokasi untuk proses menggadaikan suatu produk. “Ada beherapa alur atau tahap seperti perlengkapan dokumen, kemudian produk emas, hp, atau laptop dan lainnya disetor ke bagian penaksir, setelah dikroscek oleh penaksir dan diakumulasikan, baru bisa pencairan dana dan penerbitan surat gadai,” paparnya.

Kegiatan kuliah On the spot ini diikuti oleh mahasiswa semester 3 dan semester 5 FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus