Mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua Raih Juara 3 PCTA

M Marasabessy, Jukri Baharuddin dan Dekan FEBI, Dr. M. Anang Firdaus menunjukkan trophy dan piagam penghargaan
(Jayapura, 14 Agustus 2019) – Mahasiswa dari Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua meraih Juara 3 pada Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat Perguruan Tinggi se-Papua di Aula Dinas Pendidikan dan Pengajaran Papua, 12 – 13 Agustus 2019. Dalam lomba yang diselenggarakan Kementerian Pertahanan R.I. ini, Jukri Baharuddin dan Masaalah Marasabessy membuat naskah esai seputar inovasi dan kreativitas mahasiswa untuk menggerakkan ekonomi dan industri kreatif.
“Esai kami berjudul ‘Inovasi Konsep Fintech untuk Mengembangkan Minat Wirausaha Kaum Muda sebagai Upaya Menggerakkan Industri Kreatif di Papua’,” ujarJukri.
Dalam esainya, mereka membuat platform untuk kaum muda agar dapat meningkatkan jiwa berusaha atau berwiraswasta melalui media blogspot website.
“Karena kami dari Prodi Perbankan, maka konsepnya, adalah konsep Fintech atau Financial Technology, dimana ini dapat memberi pinjaman online berbasis online shop,” tambah Marasabessy. Jukri menuturkan, konsep website blogpsot mereka dapat dilihat di alamat www.resellerpapua.blogspot.com.
“Tujuan pembuatan blogpsot ini agar dapat merangkum semua para distributor-distributor dari luar Papua, kemudian kami memasukkan semua link alamat dari distributor di luar Papua, agar semua dapat diketahui oleh Reseller Papua,” urainya.
Ide ini berawal dari fakta di lapangan, bahwa salah satu hambatan minat wirausaha adalah kurangnya info link atau alamat pelaku usaha ke distributor.
“Kami berterimakasih kepada Mentor atau Dosen Pembimbing kami Bapak Fahrudin Fikri Affandy, ME dan semua pihak atas support mereka,” urainya.
Marasabessy berharap platform ini dapat meningkatkan minat usaha kaum muda, agar memicu kreatifitas di industri ekonomi dengan beragam promosi. “Kami membuat sistem yang dampak positifnya lebih luas, sedangkan pesaing kami hanya memunculkan produk olahan, jadi kami optimis dapat meraih prestasi yang lebih baik,” tuturnya.
Ditemui di tempat yang sama, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. M. Anang Firdaus, M.Fil.I, menyatakan sangat mengapresiasi prestasi para mahasiswa FEBI yang telah membanggakan fakultas dan kampus.
“Ini harus menjadi motivasi bagi teman yang lain agar bisa berkompetisi dan berkarya dengan segala kompetensi yang mereka miliki,” ucapnya.
Ia berharap akan ada lebih banyak mahasiswa yang berani dan mampu berpartisipasi di lomba atau kegiatan lain untuk mengembangkan diri.
“Uang juara ini kami tabung untuk pengembangan esai berikutnya,” pungkas Jukri dan Marasabessy.
PCTA memiliki tujuan menumbuhkan rasa cinta Tanah Air kepada anak-anak muda. Salah satunya dilakukan dengan mengapresiasi karya-karya anak muda, khususnya mahasiswa.
PCTA tahun 2019 ini mengusung tema ‘Wujudkan Semangat Generasi Muda yang Cinta Tanah Air dan Bela Negara sebagai Dasar Penggerak Industri Kreatif. (Her/Zul/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus