Moment Kurban untuk Memupuk Solidaritas antar Sesama

Pemotongan Hewan Qurban di IAIN Fattahul Muluk Papua
(Jayapura, 12 Agustus 2019) – Moment atau suasana pemotongan hewan kurban agar dimaknai untuk dapat memupuk solidaritas antar sesama insan akademik. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menyampaikan hal ini di sela kegiatan Pemotongan Hewan Kurban di dalam lingkungan kampus Jalan Buper Waena Kota Jayapura, 12 Agustus 2019.
“Dinamika kehidupan sosial belakangan ini, kita sering menjumpai aktifitas yang mereduksi nilai-nilai gotong-royong, maka dengan moment ini kiranya dapat kembali menggugah kesadaran kita untuk menumbuhkan lagi rasa solidaritas dan kebersamaan di antara umat manusia, khususnya insan akademik kampus,” ujarnya.
Menurutnya, bangsa Indonesia sangat majemuk dalam entitas budaya.
“Setiap kita harus memaknai pemotongan hewan kurban, sebagai Ibadah yang memiliki dampak sosial dalam kehidupan sesama manusia. Inilah pesan yang harus dirasakan oleh seluruh sivitas akademik IAIN Fattahul Muluk Papua,” ucapnya.
Suasana pemotongan hewan kurban
Dalam moment Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah kali ini, sivitas akademik IAIN Fattahul Muluk Papua menerima amanah untuk memotong dan mendistribusikan hewan kurban dari Yayasan Masyarakat Muslim Freeport Indonesia (YMM-FI) di lingkungan kampus. Wakil Rektor III IAIN Fattahul Muluk Papua H. Talabudin Umkabu, M.Pd mengatakan, pemberian bantuan hewan kurban ini sudah berlangsung selama beberapa tahun.
“Selain hewan kurban, Saya dan mas Wahyudi serta relawan lain juga membantu menyalurkan bantuan dari YMM-FI dalam bentuk khitanan masal, paket beasiswa, penyaluran zakat, busana muslim, dan lainnya di berbagai tempat,” jelasnya di sela-sela acara pemotongan hewan kurban.
Selain menyerahkan satu ekor sapi kepada sivitas akademik IAIN Fattahul Muluk Papua, YMM-FI juga menyerahkan satu ekor sapi kepada masyarakat muslim di Kampung Skouw Sae, wilayah perbatasan Kota Jayapura dengan Papua New Guinea.
“Kami semua berterimakasih atas kepedulian dari YMM-FI, dan semoga kegiatan sosial ini dapat terlaksana kembali di masa yang akan datang,” pungkasnya. (Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus