Mahasiswa IAIN FM Papua Raih Prestasi Cabang Pencak Silat

Devi Sutanti, M Saiful Anam, M Arifin Rumatiga, dan Miftiyah Husnul bersama pesilat dari IAIN FM Papua
(Jayapura, 28 Agustus 2019) –  Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua kembali meraih juara dalam Kejuaraan Pencak Silat Rektor Uncen Cup I yang diselenggarakan Jumat, 23 Agustus 2019 di Gedung Olahraga Uncen.
Dalam ajang tersebut, Muhamad Saiful Anam yang merupakan mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga islam meraih Juara 3 di kelas B Putra. Selain Saiful, prestasi juga ditorehkan oleh Muh. Arifin Rumatiga, mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam yang merengkuh Juara 2  dan berhak mendapatkan medali perak di kelas D Putra.
Saiful yang sedang menjalani kuliah semester 7 ini mengaku menekuni pencak silat berawal dari hobi olahraga semenjak SMP.
“Saya termotivasi untuk mengembangkan bakat serta melestarikan budaya Indonesia,” ujarnya saat dihubungi Tim Humas (27/8). Mereka mengaku bersemangat untuk mengikuti event-event kejuaraan silat yang diselenggarakan oleh kampus-kampus, instansi, dan lembaga lain.
“Event seperti ini sangat jarang sekali diadakan di Papua, makanya saat ada kesempatan seperti ini saya usahakan untuk ikut meskipun sekarang lagi KKN, Ini sekaligus ingin membuktikan diri sendiri sudah sampai mana kemampuan saya,” ucapnya.
Meskipun sudah meraih prestasi, mereka mengaku belum puas dan berharap bisa mendapatkan juara di ajang kejuaraan yang lebih besar.
“Kita berharap pihak kampus dapat memfasilitasi semua UKM yang ada di kampus termasuk pencak silat agar sering mengikuti event-event di luar Papua, bagaimanapun prestasi susah didapat kalau fasilitasnya masih kurang lengkap,” ungkapnya.
Saiful dan Arifin merasa bangga mendapatkan prestasi tersebut dan ingin agar semua mahasiswa di kampus IAIN Fattahul Muluk Papua dapat menyalurkan bakat dan minat melalui UKM yang ada.
“Mudah-mudahan kelak kami dapat mengharumkan nama kampus dalam skala provinsi dan skala nasional,” harapnya.
Selain Saiful dan Arifin, prestasi juga diraih oleh pesilat putri. Devi Sutanti, mahasiswi Perbankan Syariah mendapatkan Juara 2 pada kelas B putri. Sedangkan Miftiyah Husnul Khariyah, mahasiswi Prodi Pendidikan Agama Islam meraih juara 3 pada kelas A putri.
Pelatih Silat Abdi, S.Pd menyampaikan terima kasih atas dukungan moril dan materiil dari Rektor dan Wakil Rektor III sejak awal dirintisnya UKM Pencak Silat di IAIN Fattahul Muluk Papua.
“Ke depan, kami harus sering ikut even regional maupun nasional sebagai ajang pembuktian prestasi,” tutupnya.
Kejuaraan Rektor Uncen Cup I sekaligus dijadikan sebagai ajang seleksi atlit untuk Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI bulan Oktober Tahun 2019 di DKI Jakarta. (Her/Min/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus