Lulusan PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN FM Papua Terserap Dunia Kerja


Dekan Tarbiyah Marwan Sileuw, Wakil Rektor I Dahlan Sain dan Kabiro AUAK Moh Junaidin menyanyikan Indonesia Raya sebelum acara
(Jayapura, 22 Agustus 2018) – Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua telah banyak terserap dunia kerja. Wakil Rektor I IAIN Fattahul Muluk Papua H.M. Dahlan Sain, S.Ag, MM, menyatakan hal ini dalam sambutan pembukaan Workshop Penyusunan Kurikulum Fakutas Tarbiyah di Aula Fakultas Tarbiyah, 22 Agustus 2019.
“Bahkan sharing teman-teman dari Prodi sempat muncul permintaan dari dunia kerja kepada kita, bahwa mereka sangat membutuhkan Guru PGMI,” ujarnya.
Dengan kata lain, lanjut Dahlan, lulusan Prodi PGMI IAIN Fattahul Muluk Papua sudah hampir habis terserap dunia kerja, khususnya di Kota Jayapura Papua.
“Untuk itu mari dengan momentum workshop kali ini, kita perkuat kurikulum kita untuk menghasilkan output dan lulusan yang lebih mantap lagi,” tegasnya.
Dahlan meminta agar civitas akademik pada pihak Fakultas sering meninjau atau mereview kurikulum yang dimiliki.
“Kita tinjau setiap saat, apakah sesuai perkembangan, apakah sesuai standar kompetensi lulusannya,  kalau sesuai bisa dilanjut, kalau tidak ya kita ganti,” jelasnya.
Ia meminta agar kurikulum disesuaikan dengan dunia kerja dan dunia usaha.
“Kegiatan ini mengacu pada Perpres 8 tahun 2012 tentang KKNI, dimana di dalamnya ada aspek attitude, aspek kemampuan kerja, pengetahuan, serta managerial dan tanggungjawab,” tuturnya.
Agar dosen dapat melaksanakan tugasnya dengan tepat, maka penyusunan kurikulum harus didasari pemikiran agar kurikulum tersebut memiliki deskripsi dan kompetensi pada tiap mata kuliahnya.
Kegiatan workshop yang berlangsung dua hari ini akan membahas profil kurikulum, kompetensi/SKL, kesesuaian/relevansi, SKS, Mata Kuliah Pembidangan, dan Mata Kuliah wajib atau pilihan. Acara pembukaan workshop dihadiri undangan dari pihak stakeholder, segenap pejabat, dosen, dan staf di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua. (Her/Zul/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus