DEMA IAIN FM Papua Gelar Pentas Seni dan Gebyar Muslimah



Dance Tampilan Pembuka Pentas Seni

(Jayapura, 20 November 2019) – DEMA (Dewan Eksekutif Mahasiswa) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar kegiatan Pentas Seni & Gebyar Muslimah di Aula Kampus, Gedung Kuliah Terpadu, Buper Waena Jayapura, 20 November 2019.
Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAIN Fattahul Muluk Papua Mahfud mengatakan bahwa kegiatan pentas seni ini adalah kegiatan rutin tahunan. Kegiatan yang memasuki tahun kedua ini mengusung tema ‘Membentuk Generasi Milenial yang cinta Bangsa dan Tanah Air’. Ia mengatakan bahwa di berbagai tempat di luar sudah banyak kalangan mahasiswa yang memiliki pemikiran ekstrem.
Band Kampus SITRA Band

“Maka DEMA mengajak untuk mencegah hal itu, salah satunya dengan cara berkumpul untuk mengenal satu sama lain dan mengeluarkan semua potensi minat dan bakat mahasiswa,” tuturnya.
Ia menegaskan bahwa hal ini bisa menjadi wadah untuk mahasiswa di IAIN Fattahul Muluk Papua mengembangkan minat dan bakat. Menurutnya, mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua memiliki kualitas yang sama dengan mahasiswa di perguruan tinggi lain di luar Papua. Harapannya, mereka dapat bersaing dan dapat mengharumkan nama baik kampus ke luar. “Karena pemuda harus melakukan langkah konkrit untuk menjaga keutuhan NKRI dari Sabang sampai Merauke,” tambahnya. Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua, melainkan juga mendatangkan peserta dari SMA-SMA se-kota dan Kabupaten di Jayapura. “Ada dari SMA Muhammadiyah, SMA Negeri Persiapan Koya, MAN keerom dan sekolah lainnya,” urainya.
Penonton antusias mengikuti penampilan peserta
Kegiatan perlombaan untuk mahasiswa berupa lomba pidato, tilawah, sholawat, menyanyi pop solo, dan futsal. “Sedangkan untuk kalangan SMA/MA ada lomba seni musik dan seni tari,” paparnya. Mahfud berharap di tahun berikutnya dapat menyelenggarakan kegiatan serupa dengan lebih meriah lagi.
Pada kesempatan yang sama, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Idrus Alhamid S.Ag, M.Si mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan yang sifatnya membangkitkan semangat dan menggali potensi mahasiswa harus dikembangkan. Ia meminta kelak untuk membuat kegiatan serupa dengan tema yang lebih menyenangkan seperti kegiatan outdoor. “Misalnya dengan membuat tenda dan panggung, dan tidak melulu selalu di aula,” jelasnya. Rektor juga menitipkan pesan untuk untuk segera dibentuk kepengurusan UKM seni dan religius. “Alat-alat sudah ada tinggal bagaimana dibentuk kepengurusannya dan merekrut anggota anggotanya,” tuturnya.  Dia berpesan kepada dewan juri dan peserta agar tetap sportif selama perlombaan. Di akhir sambutannya, Rektor meminta DEMA bersama institusi dapat melakukan upaya sosialisasi memperkenalkan kampus ke masyarakat atau sekolah-sekolah yang berada di Jayapura dan sekitarnya. Pembukaan kegiatan Pentas Seni dihadiri unsur pimpinan, dosen, staf, perwakilan sekolah dan mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua. (Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus