Sebagai Pekerja Profesional, Dosen Harus Cerdas Melakukan Penelitian



Rektor menyampaikan sambutan di dampingi Kepala LP2M dan Dr Hasse J

(Jayapura, 1 November 2019) –  Dosen adalah tenaga pengajar profesional yang harus cerdas dalam melakukan penelitian. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menyampaikan hal ini dalam sambutannya di acara Pembukaan Seminar dan Review Hasil Luaran Pelaksana Penelitian Dosen Tahun Anggaran 2019 di Aula Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua, Buper waena, 1 November 2019.
“Mencari judul penelitian itu harus ada relevansi sesuai bidangnya, jika dosen Fakultas Syariah carilah penelitian yang berhubungan dengan bidang syariah,“ ujar Rektor.
Menurutnya, untuk menjadi dosen profesional butuh pelatihan-pelatihan tertentu.
“Untuk itu ikutilah pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Fattahul Muluk Papua,“tambahnya.
Selain mengajar, dosen harus memiliki peran lain dalam mewujudkan gagasan, ide penelitian, dan mampu mengabdikan diri bagi mahasiswa dan masyarakat.
“Dosen memiliki kewajiban melakukan riset yang harus dikumpul sebagai persyaratan kenaikan pangkat dosen, nahhak dan kewajiban itu harus sepadan, artinya jika dosen mendapat tunjangan kinerja atau uang dari negara maka harus memberi yang terbaik untuk negara,“terangnya.
Rektor berharap dosen-dosen muda IAIN Fattahul Muluk Papua harus dapat menulis dan mempunyai riset mandiri dalam satu semester. “Dalam penulisannyapun harus berhati-hati, hindari plagiat karena sekarang ada aplikasi yang mendeteksi plagiat dalam penulisan,“pungkasnya.
Kepala LP2M Dr Suparto Iribaram, MA

Di kesempatan yang sama Kepala LP2M IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Suparto Iribaram, M.A mengatakan bahwa penerima bantuan riset harus bisa menyelesaikan risetnya tepat waktu karena penyelenggara harus mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya. “Untuk penelitian bagi dosen adalah suatu keharusan untuk mengumpulkan hasil penelitian tersebut,“terang Suparto.
Tahun depan, ia meminta para dosen agar dapat tepat waktu dalam mengumpulkan hasil riset.
“Karena semua harus dibaca terlebih dahulu sehingga kita tahu bagaimana kualitas dosen yang mengumpulkan hasil riset,“tambahnya.
Seminar dan Review Hasil Luaran Pelaksana Penelitian Dosen Tahun Anggaran 2019 dihadiri oleh Pemateri Sekretaris Program S3 PI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dr. Hasse J M.A.,para pejabat serta para dosen di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua.(Min/Her/Zul/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus