Milenieal Harus Berwawasan Global Tapi Tetap Berjiwa Islam Sejati



Sambutan Rektor Dr Idrus Alhamid dan Ceramah Ustad Sigit Purwaka

(Jayapura, 16 November 2019) Generasi milenieal harus berwawasan global tapi tetap berjiwa Islam yang sejati. Ustad Sigit Purwaka, M.Pd.I menyampaikan hal ini dalam ceramah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H di Masjid Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, 16 November 2019.
“Generasi milenial dapat meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW seperti sopan dan dapat menempatkan diri, mandiri dan cerdas, jujur dan bertanggung jawab, serta solutif,” ujarnya.
Dalam ceramahnya, Ustad Sigit menggambarkan sejarah kehidupan Rasul yang harus menjadi patokan bagi generasi muda saat ini. “Dengan mengetahui sejarah kehidupan Rasul kita, maka ada patokan yang kita pahami dalam bertindak dan bergaul di antara sesama manusia,” urainya.
Selain gaul dan berwawasan global, lanjutnya, generasi milenial harus tetap berjiawa Islam yang sejati.
Personil Grup Nasyid UPKM Ma’had Al-Jami’ah IAIN Fattahul Muluk Papua

Ketua panitia Sartiawan Wailusu mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan gambaran ke mahasantri tentang perjuangan Rasulullah SAW. “Agar dapat melihat kembali perjuangan Rasulullah SAW dan mencontoh akhlak beliau, serta meningkatkan iman dan cinta pada Allah Ta’ala dan Rasulullah SAW,” ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si, menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan-kegiatan mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Fattahul Muluk Papua. “Kita bersyukur atas rahmat Allah SWT hari ini dengan cara memperbaiki dan membenahi niat kita dalam melakukan berbagai kegiatan,” ujarnya.
Rektor merasa senang melihat grup Nasyid yang tampil dan memberikan nama grup Nasyid tersebut Sajjaratun Nuqod. “Sajjaratun Nuqod bisa belajar dan berkolaborasi dengan grup Nasyid yang lebih berpengalaman,” pesannya. Rektor mendorong para Mahasantri untuk terus mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki serta menjaga pergaulan dimanapun berada.
Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Fattahul Muluk Papua ini mengambil tema ‘Aktualisasi Akhlak Rasulullah SAW pada Generasi Milenieal’. Sebelum ceramah agama, peringatan maulid diisi dengan iringan sholawat Grup Nasyid yang dibentuk oleh UPKM (Unit Pengembangan Kreativitas Mahasantri) Ma’had Al-Jami’ah IAIN Fattahul Muluk Papua.  Kegiatan peringatan Maulid yang ditutup dengan pembagian doorprize ini diikuti oleh dosen, Ketua HMPS, Ketua Komisariat PMII dan KAMMI, serta para Mahasantri dan Mahasantriwati Ma’had Al-Jami’ah IAIN Fattahul Muluk Papua. (Ning/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus