Praktik di Pengadilan Agama untuk Berikan Wawasan dan Jalin Kemitraan



Rektor IAIN FM Papua didampingi Dekan Fakultas Syariah menyerahkan plakat kepada Wakil Ketua PA Jayapura

(Jayapura, 18 November 2019) – Praktik di Pengadilan Agama bermanfaat bagi mahasiswa untuk menambah wawasan sebelum terjun ke dunia nyata. Wakil Ketua Pengadilan Agama Kota Jayapura Dra. Farida Hanim, MH, menyampaikan hal ini dalam sambutannya saat kegiatan Praktik Peradilan Agama Bagi Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua di Kantor Pengadilan Agama Jayapura, 19 November 2019.
“Selain untuk memberi ilmu dan wawasan, juga baik untuk menjalin kemitraan antara kampus dengan kantor pengadilan dalam berbagai acara,” tambahnya.Farida mengatakan, teori yang didapat di bangku kuliah bisa berbeda kenyataannya saat praktik langsung di masyarakat.
“Namun demikian, memang teori sangat penting agar kita tahu dasar-dasar hukumnya sebelum diaplikasikan di pengadilan yang sesungguhnya,” jelasnya. Ia meminta mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua harus bangga menjadi bagian dari Fakultas Syariah. “Nanti anda harus membuktikan bahwa lulusan IAIN Fattahul Muluk Papua berkualitas dan layak beracara dan praktek di pengadilan,” urainya.
Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Eko Siswanto, MH menyatakan bahwa kegiatan ini adalah komitmen dari Fakultas Syariah untuk menjalin kemitraan dengan Pengadilan Agama Kota Jayapura. “Sekaligus sebagai upaya kepada mahasiswa agar mereka tahu kondisi riil dengan bimbingan instruktur dari PA Jayapura,” ucapnya.
Peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum acara dimulai
Pada bagian yang sama, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua menyampaikan bahwa lulusan sarjana Fakultas Syariah harus tampil cerdas untuk bisa memberi sumbangsih kepada bangsa dan negara. “Supaya kelak dapat membantu kekuatan sumber daya manusia di Pengadilan Agama di Jayapura atau ditempat lain ,” jelasnya.
Ia meminta mahasiswa agar serius menjalankan praktik di pengadilan agama.
Kegiatan pembukaan Praktik Peradilan Agama Bagi Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua dihadiri unsur pimpinan Kantor Pengadilan Agama, Pejabat, Dosen, dan mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua. (Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus