Fakultas Syariah Gelar Praktik Peradilan Tata Usaha Negara



Rektor Dr Idrus Alhamid didampingi Dekan Fakultas Syariah Dr Eko SIswanto menyerahkan plakat kepada Hakim PTUN

(Jayapura,18 November 2019) – Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Praktik Peradilan Tata Usaha Negara bagi mahasiswa di Ruang Sidang Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jayapura, 18 November 2019. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester 3 dan semester 5 dari Program Studi Hukum Tata Negara, Hukum Ekonomi Syariah, dan Hukum Keluarga Islam.
Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk dijadikan bekal bagi mahasiswa selama menempuh proses studi. “Anda harus mengikuti sampai akhir agar ilmu-ilmu dari Pemateri bisa diserap dengan benar,” ucapnya. Menurutnya, akhir-akhir ini banyak fenomena hukum yang berkembang yang harus dicermati dan diikuti oleh kalangan kampus.
“Anda yang masih menempuh pendidikan harus tahu perkembangan peraturan, jangan sampai ada yang sudah dipelajari dahulu kala, ternyata aturan itu sudah tidak berlaku lagi,” jelasnya.
Rektor juga meminta agar pengadilan tidak hanya menjadi ruang untuk advokasi tapi juga menjadi ruang bagi edukasi. “Kita akan terus berupaya meningkatkan kerjasama dengan PTUN maupun lembaga hukum lain untuk peningkatan kualitas akademik mahasiswa di bidang hukum,” pungkasnya.
Dalam sambutan pembukaan kegiatan, Dekan Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Eko Siswanto, MH menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa agar dapat melakukan praktik persidangan di PTUN. “Harapannya, program serupa bisa dilanjutkan secara intensif, karena bisa memberikan support bagi mahasiswa saat praktek berbicara di pengadilan maupun even lain,” jelasnya.
Peserta dan Pemateri menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum kegiatan dimulai

Sementara itu, mewakili Ketua PTUN Jayapura, Hakim Firman SH, MH, menegaskan bahwa acara  praktik seperti ini dapat memberikan pendalaman wawasan kepada mahasiswa. “Dalam proses pembekalan bisa membentuk pilihan minat setelah proses praktek, apakah mau ke peradilan PN, PA, PTUN, atau MK,” ujarnya. Ia yakin kegiatan ini akan membentuk pola pikir mahasiswa sehingga dapat menentukan pilihan karir dan bidang yang akan ditekuni ke depan.
Pembukaan Praktik Peradilan Tata Usaha Negara dihadiri unsur pimpinan Fakultas Syariah, Pejabat dan Hakim Senior PTUN, serta mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua. (Her/ Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus