Buka PBAK, Rektor IAIN Papua Ajak Mahasiswa Ciptakan Harmoni

 (iainfmpapua.ac.id) – “PBAK ini di maksudkan agar para mahasiswa baru dapat mengenal kehidupan akademik dan kemahasiswaan yang ada di IAIN Papua dan mudah beradaptasi dari budaya sekolah ke budaya di lingkungan kampus,” ucap Rektor Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag., M.Pd saat membuka kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di aula kampus Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 22 Agustus 2023.

Dalam sambutannya, rektor mengajak para mahasiswa menciptakan harmoni dalam keberagaman, sebagaimana tema PBAK ‘Memperkuat Harmoni, Mencerdaskan Mahasiswa yang berintegritas untuk Mewujudkan Kebersamaan dalam Bingkai NKRI’. “Harmoni juga dapat dimaknai sebagai penyesuaian para mahasiswa baru dalam kehidupan di kampus, dengan bertemu berbagai teman-teman dari latar belakang budaya yang berbeda,” tuturnya kepada para mahasiswa baru. Selain meminta para mahasiswa untuk bersungguh-sungguh menjalani kuliah, rektor mengingatkan para mahasiswa untuk terus menanamkan budaya sopan dan salam di lingkungan kampus. “Jadilah mahasiswa yang berakhlak, sopan dan hormati setiap orang tua di kampus, insyaAllah kalian diberi kemudahan dan berkah di kehidupan ini,” pungkasnya.

Ketua Panitia Kegiatan PBAK Abu Ode Sita, S.Ag., M.Si melaporkan bahwa PBAK tahun ini diikuti 219 peserta. “Kehadiran para mahasiswa baru merupakah sebuah amanah, kalian adalah putra-putri terbaik yang dititipkan di IAIN Fattahul Muluk Papua, kami menerima kehormatan dan amanah ini,” ucapnya. Abu Ode Sita juga mengingatkan para mahasiswa untuk bersyukur atas kesempatan melanjutkan ke pendidikan tinggi. “Saat ini hanya ada 34% siswa SMA yang melanjutkan perguruan tinggi dan kalian adalah sala satu di antaranya, inilah yang harus kalian syukuri,” tambahnya. Di akhir laporannya, ia mengajak para mahasiswa baru untuk berkomitmen dalam perkuliahan. “Di IAIN Papua kalian tidak hanya dididik secara intelektual, namun juga emosional dan spiritual, maka manfaatkan kesempatan ini dan berkuliahlah dengan sungguh-sungguh,” pungkasnya.

Pembukaan PBAK ini dihadiri oleh Kepala Biro AUAK, para wakil rektor, para dekan dan wakil dekan, pimpinan lembaga dan unit, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua.(Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus