Mahasiswa KKN Sabron Sari Gelar Pengajian Akbar

 (iainfmpapua.ac.id) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Kelompok Sabron Sari Kabupaten Jayapura menyelenggarakan kegiatan Pengajian Akbar di Masjid Al- Ma’arif Kampung Sabron Sari, Distrik Sentani Barat, 27 Agustus 2023. Pengajian Akbar yang mengangkat tema ‘Meningkatkan Kualitas Spiritualitas dan Sosial agar Menjaga Tali Silaturahmi dalam Bingkai Ukuwah Islamiyah’ ini menghadirkan Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag., M.Pd. sebagai penceramah.

Ketua KKN Kelompok Sabron Sari Aini Lapandewa mengatakan, kegiatan ini bertujuan membangun silaturahmi antara Distrik Sentani Barat dan Distrik Depapre agar dapat meningkatkan jiwa-jiwa ukhuwah islamiah dalam diri masyarakat guna menyiarkan Islam yang lebih luas. Menurutnya, pengajian akbar ini didukung penuh pemerintah Kampung Sabron Sari, Dewan Mesjid indonesia dan seluruh masyarakat kampung Sabron Sari. “Besar harapan masyarakat kepada kami dan pihak kampus untuk dapat menindak lanjuti pengajian akbar yang diadakan oleh mahasiswa KKN ini,” urainya.
Kepala Kampung Sabron Sari Marwan Hasyim dalam sambutannya mengapresiasi atas kesediaan Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua untuk hadir dan memberikan tausiahnya. “Semoga apa yang disampaikan dapat menambah ilmu dan pengetahuan kita semua,” ucapnya. Pada tempat yang sama, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Distrik Sentani Barat Rustam, M.Si mengatakan, pengajian akbar kali ini adalah yang pertama kali digagas oleh mahasiswa KKN di Distrik Sentani Barat. “Sehingga kita harap KKN selanjutnya juga dapat menggagas kegiatan-kegiatan seperti ini di Distrik Sentani Barat,” ungkapnya. Ia menambahkan, kegiatan pengajian akbar seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat muslim. “Kegiatan semacam ini tidak hanya untuk mencari ilmu tapi juga mempererat tali silaturahmi dan memperkokoh ukuwah Islamiyah di distrik kami,” tambahnya. Di akhir sambutannya, Rustam mengapresiasi sikap komunikatif para mahasiswa KKN yang melakukan kolaborasi dengan DMI. “DMI merupakan organisasi yang juga menjadi representasi dari masyarakat muslim di wilayah Sentani Barat sehingga sangat tepat jika mahasiswa berkolaborasi dengan DMI melaksanakan kegiatan ini,” pungkasnya.


Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Surrahmat dalam laporannya menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan menyemarakkan syiar Islam dan memperkuat ukhuwah Islamiyah yang ada di Distrik Sentani Barat.
Dalam tausiyahnya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag, M.Pd mengajak seluruh warga untuk menjaga tali silaturahim. “Allah tidak akan melupakan suatu kampung atau sekelompok manusia jika dia senantiasa menjaga hablumminallah, hubungan baik dengan Allah serta hablumminal alam dan hablumminannas,” terangnya di hadapan jamaah. Pihaknya mengajak para warga meningkatkan kualitas spiritual dengan menghidupkan pengajian dan kegiatan kajian lainnya di masjid. Pengajian ini dihadiri lebih dari 60 jamaah Masjid Al- Ma’arif Sabron Sari.

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus