KKN MB Pare-Pare: Mahasiswa IAIN Papua Aktif Pelatihan Majelis Taklim

 

(iainfmpapua.ac.id) – Dalam upaya memperluas wawasan keagamaan dan meningkatkan pemahaman tentang budaya lokal, para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama (MB) dari berbagai perguruan tinggi ikut aktif dalam kegiatan pelatihan rebana dan qasidah di Majelis Ta’lim Nur Hidayah, Posko 15 Rano Utara, Toraja, Sulawesi Selatan.

“Kami ikut pelatihan seni musik rebana dan qasidah untuk melestarikan budaya dalam hal seni musik oleh masyarakat Rano Utara, Dusun Puru,” ujar Nur Iryaningsih, mahasiswi Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua dalam rilisnya kepada tim Humas, 26 Juli 2023.

Pelatihan ini bukan hanya sekedar belajar seni musik, tetapi untuk mempererat tali silaturahmi antara mahasiswi dan para warga yang terlibat di dalamnya. “Dengan begitu, kita dapat membangun hubungan yang baik terhadap para warga setempat,” ucapnya bersama Zulfa Khairati, mahasiswi Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Pengurus dan ibu-ibu anggota majelis taklim memberikan pengenalan tentang sejarah dan makna dari alat musik rebana serta jenis-jenis qasidah yang sering dibawakan dalam acara keagamaan dan budaya masyarakat setempat. Rebana dan qasidah adalah sarana menghibur serta menggugah selera masyarakat dalam kegiatan-kegiatan besar seperti pengajian, porseni, pesta pernikahan, syukuran, aqiqah, dan acara lain. Selain aspek teknis, para mahasiswa juga diajarkan tentang nilai-nilai spiritual dan pesan-pesan keagamaan yang terkandung dalam lirik-lirik qasidah yang dinyanyikan.

Dengan semakin banyaknya mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan KKNMB yang berfokus pada moderasi beragama dan kegiatan keagamaan lainnya, diharapkan dapat terus meningkatkan pemahaman dan toleransi antar umat beragama di Indonesia. Mahasiswi dari perguruan tinggi lain ikut dalam kegiatan ini diantaranya Nurwahyu Azizah dari jurusan Komunikasi Penyiaran Islam STAIN Majene, Nisa Azzahra dari Prodi Akuntansi Syariah UIN Sumatera Utara, dan Raidah Mas’ud Maisyara dari Pariwisata Syariah IAIN Parepare.

51 Perguruan Tinggi Keagamaan se-Indonesia ikut dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara Moderasi Beragama, yang digelar IAIN Parepare di wilayah Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Pelaksanaan KKN Nusantara Beragama dengan tema ‘Harmoni dalam Keragaman’ ini akan berlangsung selama 45 hari dengan jumlah peserta sebanyak 320 orang. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus