Prodi Perbankan Syariah IAIN FM Papua Jalin Kerjasama Internasional

 (iainfmpapua.ac.id) –  Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua yang tergabung dalam Asosiasi Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah (APSKPS) se-Indonesia menandatangani naskah kerjasama internasional bersama International Islamic University Malaysia (IIUM) dan Universitas Teknologi MARA ( UITM ) Malaysia, di kampus UIN Alaudin Makassar, 23 Agustus 2023.



Ketua APSKPS, Heny Yuningrum, M.Si menerangkan bahwa penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)  bertaraf internasional ini dapat diakui oleh seluruh anggota APSKPS. “Karena di dalam MoU tersebut sudah tercantum masing-masing nama keanggotaannya,” ujarnya bersama dosen Perbankan Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua Nani Hanifah, M.EI. Heny menerangkan, penandatanganan MoU ini bertujuan mengembangkan kurikulum, pengabdian masyarakat dan penelitian di tingkat nasional maupun internasional bersama-sama. “Karena jika kami tidak bersama saling gotong royong membangun satu sama lain maka tujuan dari kegiatan-kegiatan yang bertaraf internasional akan sulit terlaksana,” terangnya. Menurutnya, kebersamaan dalam APSKPS ini dapat membangun program studi Perbankan Syariah di Indonesia lebih maju ke depan. Selain itu, kerjasama antar prodi ini dapat membantu para kaprodi dalam proses akreditasi. “Sehingga para anggota asosiasi dapat saling sharing ilmu terkait proses dan alur-alur akreditasi yang dibutuhkan,” imbuhnya. Harapannya, para anggota asosiasi bisa maju berkembang dan meningkatkan kualitas dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. “Terutama mendidik mahasiswa sebagai seorang yang mampu bekerja di lembaga keuangan syariah,” ungkapnya.


Dihubungi terpisah, Ketua Prodi Perbankan Syariah FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua Fachrudin Fikri Affandy, ME menyebutkan bahwa MoU dengan kampus IIUM Malaysia merupakan bagian pengembangan akademik guna mendukung proses akreditasi. “Banyak program yang bisa dikolaborasikan, diantaranya pengabdian kepada masyarakat intenasional, kolaborasi dengan IIUM,” paparnya. MoU ini, lanjutnya, tidak lepas dari dukungan Asosiasi Program Studi Keuangan Perbankan Syariah yang selalu mensupport Prodi Perbankan Syariah untuk membangun jejaring akademik baik nasional maupun internasional.

Dalam kesempatan ini, FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua juga melakukan penandatanganan Implementation Agreement (IA) bersama APSKPS dan FEBI UIN Alaudin Makassar. Kegiatan tersebut dihadiri seluruh anggota APSKPS dari PTKIN maupun PTKIS dan perguruan tinggi umum di seluruh Indonesia. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus