KKN Momen Yang Tepat Terapkan Ilmu Dari Awal Semester

 


(iainfmpapua.ac.id) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan momen yang tepat bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang sudah didapat sejak semester satu. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag, M.Pd menegaskan hal ini dalam sambutan pembukaan Pembekalan KKN Mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua Angkatan XVI Tahun 2023 yang diinisiasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) di aula kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 17 Juli 2023.

 “Inilah saatnya anda menerapkan mengimplementasikan teori perkuliahan yang sudah didapat selama 6 ataupun 7 semester,” paparnya. Menurutnya, para peserta KKN telah mendapatkan berbagai macam ilmu dan teori khususnya ilmu agama. “Di saat KKN kalian akan mengaplikasikan ilmu itu kepada masyarakat,” imbuhnya. Rektor juga menekankan bahwa masyarakat memiliki berbagai macam karakter. “Dengan berbagai macam adat istiadat dan budaya masing-masing, maka sebagai orang baru di tempat tersebut harus pandai mengamalkan ilmunya dan bersikap sesuai dengan aturan setempat,” ujarnya. Rektor berharap mahasiswa mempresentasikan diri sebagai perwakilan dari IAIN Fattahul Muluk Papua dengan menjaga nama baik kampus. KKN merupakan program penting bagi perguruan tinggi di seluruh Indonesia. “Karenanya kegiatan KKN ini kedepannya akan terintegrasi dengan kurikulum pada tiap-tiap fakultas,” paparnya. Rektor berharap mahasiswa yang magang atau menjalankan KKN bisa langsung menulis skripsi setelah kembali ke kampus. “Dari hasil riset maupun penelitian yang dilakukan selama menjalankan tugas magang atau KKN sehingga bisa memaksimalkan waktu dengan baik,” terangnya. Selain itu, Rektor juga optimis KKN ini dapat berjalan lancar dengan bantuan para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Ketua panitia kegiatan, Ayu Pratamawati, M.Pd memaparkan bahwa KKN ini merupakan kegiatan rutin yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang telah memenuhi syarat. “Dengan harapan agar dapat mengabdikan pengetahuan mereka di bangku kuliah bagi masyarakat di Papua,” ujarnya. Peserta KKN tahun 2023 berjumlah 171 mahasiswa yang ditempatkan di 11 titik lokasi yang tersebar di Provinsi Papua, Papua Barat dan Sulawesi Selatan. “Empat mahasiswa ditempatkan di Sulawesi Selatan mengikuti KKN moderasi beragama yang diselenggarakan oleh PTKIN Kementerian Agama,” ungkapnya. Sedangkan 9 titik lokasi di Provinsi Papua tersebar di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom. “Lalu satu lokasi di provinsi Papua Barat di Kabupaten Raja Ampat,” paparnya. Pembukaan kegiatan ini dihadiri para pejabat IAIN Fattahul Muluk Papua dan undangan lainnya. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus