KKN MB Posko 15: Mahasiswa Ajak Pelajar Bijak Gunakan Media Sosial

 

(iainfmpapua.ac.id) – Guna memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang penggunaan media sosial yang bijak kepada para siswa, mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama (MB) dari berbagai perguruan tinggi menggelar seminar dengan tema ‘Bijak dalam Menggunakan Media Sosial’ di SMPN 1 Rano, Toraja, Sulawesi Selatan, 3 Agustus 2023.



Koordinator Program, Nur Irya Ningsih, mahasiswi Program Studi Hukum Keluarga Islam IAIN Fattahul Muluk Papua memaparkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu para siswa dalam menghadapi tantangan era digital dan membangun kesadaran tentang dampak positif dan negatif dari interaksi online. “Kami menyampaikan berbagai informasi dan tips tentang bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak, seperti memaparkan topik terkait etika online, perlindungan privasi, serta bagaimana mengenali berita palsu atau hoaks yang sering menyebar di platform media sosial,” ujarnya pada tim Huma.

Seminar ini juga memberikan pengetahuan terkait pentingnya etika serta aturan-aturan dalam bersosial media. “Dengan tujuan agar siswa-siswi menjadikan hal itu sebagai pengontrol diri untuk bersosial media dengan baik dan bijak,” imbuhnya. Para siswa diberikan wawasan yang berharga untuk mengembangkan kemampuan kritis dalam mengkonsumsi informasi di dunia digital. “Kami juga melibatkan interaksi langsung dengan para siswa melalui diskusi dan sesi tanya jawab dengan berbagi pengalaman pribadi dan contoh kasus nyata untuk memberikan pandangan yang lebih konkrit tentang tantangan yang mungkin dihadapi dalam penggunaan media sosial sehari-hari,” paparnya.



Ketua Posko 15 KKN MB, Muhammad Nur Mahmud Mahasiswa IAIN Parepare juga menyampaikan bahwa seminar ini bagian dari program kerja posko 15. “Sehingga kami berupaya untuk membantu generasi muda memahami dampak yang bisa ditimbulkan oleh media sosial,  serta memberikan mereka alat dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi pengguna yang bijak dan bertanggung jawab di dunia maya,” jelasnya.

Kepala Sekolah SMPN 1 Rano, Daniel Parau, S. Pd mengapresiasi program kerja yang dilakukan para mahasiswa KKN MB ini. “Respon dari para siswa sangat positif, mereka sangat antusias dalam mengikuti sesi seminar dan menunjukkan minat yang tinggi untuk memahami lebih lanjut tentang penggunaan media sosial yang aman dan bermanfaat,” ujarnya. Menurutnya, banyak siswa mengakui bahwa seminar ini telah membantu memahami potensi risiko dan manfaat terkait dengan media sosial. Pihaknya juga berharap seminar ini dapat memberikan dampak jangka panjang dengan membantu para siswa mengembangkan kepekaan terhadap informasi online dan menjadi pengguna yang bertanggung jawab di dunia maya. Seminar ini diinisiasi oleh berbagai mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lain, Nur Wahyu Azizah dari STAIN Majene, Nisa Azzahra dari UIN Sumatera Utara, Raidah Mas’ud dari IAIN Parepare, Zulfa Khairati dari UIN Datokrarama Palu, Reski Amalia dari IAIN Kendari, Aldi Wijaya dari IAIN Bone, Mohammad Hafiddudin dari UIN SMH Banten dan Dibyo Priyo Hutomo dari IAIN Ponorogo. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus