Seminar Internasional: Dosen Perbankan Syariah IAIN FM Papua Soroti Peran Perempuan dalam Penguatan Ekonomi

(iainfmpapua.ac.id) –  Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua yang tergabung dalam Asosiasi Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah (APSKPS) se-Indonesia mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat kolaborasi internasional di UIN Alaudin Makassar, 23 Agustus 2023.



Dosen Perbankan Syariah FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua, Nani Hanifah, M.EI menjadi pemateri dalam seminar Internasional dengan tema ‘Strengthening the Digital Ecosystem and Halal Value Chain to Realize Indonesia as the Center of the World Islamic Economy’ bersama International Islamic University Malaysia (IIUM) dan UIN Alauddin Makassar.

Dalam materinya yang berjudul ‘Perempuan Dalam Penguatan Ekonomi dan Kesejahteraan Ummat di Wilayah Indonesia dan Malaysia’, Nani menyampaikan bahwa para wanita saat ini dituntut untuk melakukan penyesuaian dengan kondisi terbaru. “Salah satunya, melalui kreativitas dan inovasi, sehingga wanita dapat berkarya dan berkreasi, baik di rumah maupun bekerja di manapun tempatnya, sesuai dengan minat dan bakat,” ujarnya. Menurutnya, peran wanita cukup penting bagi bangsa dan negara. “Wanita bisa menyebabkan suatu negara maju atau hancur, karena wanita merupakan ibu suatu generasi, di mana setiap tingkah laku dan perbuatannya dapat berpengaruh pada peradaban,” imbuhnya. Selain itu, Nani juga berkesempatan menjadi dosen tamu (visiting lecture) di FEBI UIN Alaudin Makassar.

Ketua Penyelenggara, Ismawati, SE, MSi memaparkan, selain bertujuan membantu proses akreditasi prodi, kegiatan ini akan dilanjutkan dengan pertukaran dosen untuk mengajar. “Ada juga kolaborasi penelitan, serta kolaborasi pengabdian kepada masyarakat,” tutur Ketua Program Studi Perbankan Syariah FEBI UIN Alaudin Makasar ini.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan Internasional Focus Group Discussion (FGD) yang diinisasi oleh Asosiasi Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah (APSKPS) se-Indonesia dengan tema ‘PBS Curriculum Based on OBE (Outcome-based Education) : Indonesian and Malaysia Perspectives’.

Kegiatan ini di hadiri oleh seluruh anggota APSKPS yang berasal dari PTKIN maupun PTKIS dan perguruan tinggi umum di seluruh Indonesia. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus