Tim ISO Gelar Surveilance Di IAIN FM Papua

 

(iainfmpapua.ac.id) –  Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Surveillance Tahun Pertama Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 dan ISO 210001:2018 Educational Organization Managament System (EOMS) di aula kampus, 3 Agustus 2023.

Menurut auditor dari PT. Decra Group Indonesia M. Ainun Najib, MM, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini bertujuan memonitor kerja instansi. “Ini untuk mengetahui apakah kerja instansi yang sudah bersertifikasi ini apakah masih sesuai dengan standar atau tidak,” ucapnya. Ia menjelaskan, sertifikasi ISO memiliki siklus selama 3 tahun, dimana setiap tahunnya wajib untuk diaudit untuk merevisi kembali system yang diterapkan. Dalam audit kali ini diharapkan ada perbaikan dari audit tahun lalu. “Temuan tahun lalu agar sudah ditindak lanjuti sehingga tidak menjadi temuan major dan memaksa kita untuk menahan sertifikat yang sudah diberikan,” tambahnya. Ia mengatakan, dalam ISO terdapat 3 kategori temuan, yakni observasi, minor, dan major. “Jika temuan tidak dilakukan tindaklanjut, maka akan ditingkatkan kategorinya,” pungkasnya.

Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag., M.Pd dalam sambutannya mengingatkan seluruh unit agar bekerja sesuai dengan standar yang ada dan telah ditentukan. “Dari unsur pimpinan sudah mengingatkan agar semua bekerja sesuai dengan standar sehingga tahun ini tidak ada lagi temuan,” ujarnya.  Rektor memberikan semangat kepada seluruh dekan, pimpinan unit dan jajaran di bawahnya agar mendukung proses surveilance dari tim ISO untuk mempertahankan capaian yang telah diperoleh IAIN Fattahul Muluk Papua selama ini.

ISO (International Organization for Standardization) adalah salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi. Pembukaan kegiatan ini dihadiri para pejabat dan seluruh pimpinan unit di lingkup IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus