Konferensi Internasional IEIBZAWA: Mahasiswa FEBI Sajikan Paper Terkait Kosmetik Halal

(iainfmpapua.ac.id) – Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua mengikuti konferensi internasional ‘The International Conference on Islamic Economics, Islamic Banking, Zakah, and Waqf (IEIBZAWA 2023)’ yang diselenggarakan oleh FEBI UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) Purwokerto secara daring, 22 Agustus 2023.


Ana Arifah, dalam papernya ‘The Influence Of Halal Product Certification And Price On Cosmetic Purchasing Decisions In Student FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua’ ingin mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik di kalangan mahasiswi FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua. “Karena masih banyaknya produk kosmetik yang beredar masih belum melabeli sertifikat halal, padahal daya beli konsumen khususnya mahasiswi terhadap produk kosmetik tinggi,” ujar mahasiswi Program Studi Perbankan Syariah ini. Menurutnya sertifikasi halal sendiri sedang menjadi trend global dunia. “Bukan hanya untuk makanan saja tetapi untuk produk non makanan seperti kosmetik juga memerlukan sertifikat halal untuk memastikan bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi dan tidak mengandung hal-hal yang dilarang syariat Islam,” paparnya. Ana juga menerangkan kendala referensi yang relevan terkait data yang diteliti. “Karena saya menggunakan informasi terbaru terkait penerbitan sertifikat halal sehingga membutuhkan waktu lama dalam pencarian informasi yang akurat, namun alhamdulillah paper saya bisa selesai tepat waktu,” imbuhnya. Ana mempresentasikan papernya secara daring di hadapan akademisi dari UIN SAIZU dan Universiti Kebangsaan Malaysia.



Panitia Penyelenggara, Hilya memaparkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk merespon perkembangan pembangunan sistem ekonomi dan keuangan Islam di Indonesia dan berbagai negara lain. “Belakangan ini muncul tren baru dalam industri halal dan perkembangan zakat dan wakaf sehingga diperlukan adanya ide, gagasan dan pemikiran yang progresif dan integratif di berbagai sektor guna menciptakan kesepahaman dalam pengembangan sistem dan keuangan syariah di tengah tantangan yang ada,” paparnya.

Dosen Pembimbing Jukri Baharudin, ME mengatakan, FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua mengirimkan beberapa perwakilan mahasiswa diantaranya Muhammad Anwar dan Isra dengan judul paper ‘Development Gen Z Entrepreneur Interest Through Fintech Innovation And Mudharabah Contract’, Pitri Desi Handayani dengan judul paper ‘Decision Of The Jayapura City Muslim Comunity In Paying Zakat, Infaq, Alms’, dan Muhammad Randi dengan judul paper ‘Halal Certification As An Effort To Increase Product Value In Local MSME (Case Study Of UMKM Dapoer Boenda In Jayapura City)’. Kegiatan dengan tema ‘Islamic Economics and Banking as Modern Islamic Civilization’ ini menghadirkan pembicara Almir Colan dari Australian Center For Islamic Finance dan Prof. Dr Muhammad Hakimi Mohd Shafial dari Universiti Kebangsaan Malaysia. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus