Dialog Nasional: Warek III Dorong Mahasiswa Pantau Penegakan Hukum Di Indonesia

(iainfmpapua.ac.id) –  Para mahasiswa sudah semestinya memantau penegakan hukum di Indonesia. Wakil Rektor (Warek) III Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua Dr. Suparto Iribaram, M.A menyampaikan hal ini dalam pembukaan kegiatan Dialog Nasional Kelembagaan yang digelar  Komisi Yudisial Provinsi Papua, di aula kampus, 22 November 2023.

“Penegakan Hukum di Indonesia memang sudah semestinya kita pantau bersama dan hadirnya Komisi Yudisial Penghubung Papua tentunya kita harapkan dapat meningkatkan peradilan yang bersih,” ucapnya. Menurutnya, kegiatan ini dapat membantu mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan terkait alur peradilan di Indonesia. “Terlebih di kampus kita terdapat fakultas syariah atau hukum, sehingga ini menjadi ladang untuk memanen ilmu pengetahuan bagi para mahasiswa,” jelasnya.

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Peran Serta Komisi Yudisial dan Masyarakat dalam Mewujudkan Peradilan Bersih’ ini menghadirkan Koordinator Penghubung Komisi Yudisial Wilayah Papua Dr. Methodius Kossay, S.H., M.Hum dan dosen Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Hendra Yulia Rahman, M.HI. Menurut Methodius, kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tugas pokok Komisi Yudisial. “Serta mengajak masyarakat untuk bersama Komisi Yudisial mengawal peradilan yang bersih di Tanah Papua,” jelasnya. Pihaknya berharap, dialog bersama mahasiswa ini dapat meningkatkan pengawasan oleh akademisi terhadap peradilan yang bersih. Dalam paparannya, Methodius menerangkan sejarah pembentukan dan dasar hukum hadirnya Komisi Yudisial yang saat ini sudah memiliki kantor penghubung di Kota Jayapura. Ia juga mengatakan hadirnya Komisi Yudisial bukan untuk mengintervensi putusan hakim. “Tidak untuk itu, melainkan untuk meningkatkan kepatuhan hakim terhadap kode etik dan pedoman perilaku hakim demi terwujudnya peradilan yang bersih,” pungkasnya. Kegiatan ini diikuti para mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam, Prodi Hukum Tata Negara, dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua, serta undangan lainnya. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus