Kerjasama Internasional: IAIN FM Papua Teken Nota Kesepahaman Dengan UKM

(iainfmpapua.ac.id) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua melakukan penandatanganan naskah Nota Kesepahaman dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), 6 November 2023 di aula kampus Jalan Merah Putih Buper Waena, Kota Jayapura.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr.H. Marwan Sileuw, M.Pd menyampaikan bahwa penandatanganan naskah kerjasama ini merupakan bukti nyata komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat atau tri dharma perguruan tinggi. “MoU ini diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi kedua institute, mahasiswa, dosen, peneliti dan masyarakat di Malaysia dan Indonesia, khususnya Papua,” paparnya. Menurutnya, kolaborasi ini akan membuka peluang baru bagi IAIN Papua. “Khususnya dalam banyak bidang seperti pertukaran pelajar, pertukaran dosen, penelitian bersama, serta pengembangan program akademik yang lebih berkualitas,” jelasnya. Rector juga menuturkan bahwa kerjasama ini akan memperkaya pengalaman belajar mahasiswa. “Dan memungkinkan mereka untuk mendapat wawasan internasional yang lebih luas, serta penelitian bersama yang dilakukan nantinya dapat membantu mengatasi tantangan global dan memberikan solusi inovatif bagi masyarakat,” ungkapnya. Rektor berharap kerjasama ini dapat menjadi tonggak penting dalam perkembangan kedua perguruan tinggi di masa depan. “Kerjasama ini mencerminkan kerjasama yang kuat antara negara Indonesia dan Malaysia, mengingat kedua negara memiliki sejarah panjang bilateral yang erat, sehingga kerjasama akademik ini adalah langkah maju untuk memperkuat hubungan tersebut,” ujarnya di depan dosen, tenaga kependidikan, dan ratusan mahasiswa.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua Delegasi Universiti Kebangsaan Malaysia, Prof. Madya. Dr. Ahmad Sunawari Long berharap bahwa kerjasama ini dapat memberikan manfaat dan dampak baik bagi kedua lembaga. “Sehingga dapat memberi perubahan bagi kampus di wilayah timur, khususnya di Papua,” ujarnya.

Sebelumnya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua melakukan penanaman pohon persahabatan yang diikuti oleh perwakilan dari UKM, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, IAKN Ambon, dan IAIN Pontianak. Pihaknya berharap penanaman pohon persahabatan ini dapat memberikan banyak manfaat baik bagi warga kampus maupun masyarakat. “Terimakasih kepada pihak BPDAS Mamberamo dan teman-teman di Dinas Kehutanan yang memberi rekomendasi bibit-bibit pohon yang menghasilkan manfaat atau berbuah sehingga bisa dinikmati kemudian hari,” tuturnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari International Seminar on Religion, Moderation And Multicultralism (ISRMM) selama 3 hari mulai dari tanggal 6-8 November 2023 yang diselenggarakan di kantor Pemprov Papua, Kampus IAIN Fattahul Muluk Papua, dan di Wamena.  (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus