MBKM: Mahasiswa FEBI IAIN Papua Ikuti Study Exchange APSKPS

(iainfmpapua.ac.id) – Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua mengikuti Program Study Exchange Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di lingkup PTKI yang diselenggarakan oleh Asosiasi Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah (APSKPS). Kegiatan yang diinisasi oleh UIN Walisongo Semarang ini digelar secara daring, 3 September- 10 Desember 2023.

Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Muhammad Randi memaparkan bahwa melalui MBKM bersama mahasiswa dari berbagai kampus ini membuatnya lebih aktif, kreatif dan inovatif. “Karena bisa saling tukar pikiran dan sharing wawasan bersama,“ paparnya kepada tim Humas, 16 November 2023. Ia akan mensharing dan membagikan ilmu dan wawasan dari kegiatan ini kepada mahasiswa lain yang belum sempat bergabung.

Dalam petunjuk teknisnya, Ketua APSKPS, Heny Yuningrum, SE., M.Si menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan memperkaya dan meningkatkan wawasan dan kompetensi mahasiswa sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan mahasiswa, sehingga dapat mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia usaha dan industry. PTKI melalui metode pembelajaran MBKM mampu meningkatkan link and match dengan dunia usaha, dunia industri sehingga dapat mempersiapkan kesiapan mahasiswa dalam dunia kerja sejak awal.

Ketua Prodi Perbankan Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua Fachrudin Fiqry Affandy, M.E. menuturkan bahwa program MBKM membuat mahasiswa mendapatkan wawasan baru dari dosen yang berasal dari berbagai kampus. “Program MBKM ke depan menjadi kurikulum baru dalam proses pembelajaran, dan pada saat ini sedang disiapkan dokumen kurikulum MBKM,” ucapnya. Menurutnya, sudah saatnya IAIN Fattahul Muluk Papua memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus agar mendapatkan pengalaman pembelajaran yang baru.

Kegiatan ini diikuti perwakilan mahasiswa dari kampus yang tergabung dalam APSKPS. Study Exchange MBKM ini berfokus pada mata kuliah Fiqh Muamalah Kontemporer dan Manajemen Pemasaran Syariah. Beberapa dosen pengampu tampil sebagai pembicara seperti, Dr. Hj. Nur Huda, MA dari UIN Semarang, Dr. Amirullah, S. Ag, M. Ag dari IAIN Fathul Muluk Papua, Mukhlis, S.HI, M.Sh dari STAI Hubbulwathan Duri, Abdussalam, S.E.I, ME dari STAI Salahuddin Pasuruan, Hendra, S.E.I, MA dari STAI Syekh Haji Abdul Halim Hasan AL-Ishlaiyah Binjai, dan Prof. Dr. H. Muhammad Bahrudin, M. Ag dari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung serta dosen kampus lainnya. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus