On The Spot, Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Kuliah Tamu di BSI Abepura

(iainfmpapua.ac.id) Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menyelenggarakan Kuliah Tamu On The Spot di Bank Syariah Indonesia (BSI) cabang Abepura, 17 November 2023.

Branch office Service Manajer BSI KCP Abepura Nuraini Rachman mengapresiasi kuliah on the spot yang diinisiasi oleh Prodi Perbankan Syariah. “Ini merupakan terobosan baru dalam dunia perkuliahan, mahasiswa tidak hanya duduk di kelas menerima teori tetapi bisa langsung praktek bagaimana pengaplikasiannya dalam dunia kerja di bidang perbankan syariah,” paparnya. Pihaknya berharap mahasiswa mendapat pemahaman dan pengalaman tentang literasi perbankan syariah. “Sehingga saat bersosialisasi di masyarakat, mahasiswa mampu menjelaskan manfaat dari berbank di Bank Syariah Indonesia,” jelasnya. Nuraini berharap kegiatan ini bisa berlangsung berkelanjutan agar sinergi kebaikan antara kampus IAIN Fattahul Muluk Papua dan BSI bisa terus berjalan.

Dosen pengampu mata kuliah Manajemen Pemasaran Bank Syariah, Nani Hanifah, ME menjelaskan, kuliah on the spot ini bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa belajar pemasaran secara langsung. “Memberikan pengalaman pribadi untuk tiap-tiap mahasiswa dalam mengimplementasi ilmu yang sudah didapat, selain itu juga menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia luar,” ungkapnya. Di sisi lain, Nani menyebutkan, mahasiswa bimbingannya berhasil memperoleh nasabah pada kegiatan kuliah on the spot di Bank BSI. “Selain itu, untuk mata kuliah ini mereka juga menghasilkan luaran artikel yang terpublish di jurnal JEBAKU, Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi Politekhnik Pratama dengan judul Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Mixue di Kota Jayapura,” pungkasnya.


Perwakilan mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Fakhita Rezani Alhamid menuturkan bahwa kuliah on the spot ini mengajarkan cara bank memasarkan produk-produk yang ada di dalamnya. “Khususnya pada bidang marketing dalam mencari nasabah,” ujarnya pada Tim Humas 22 November 2023. Menurutnya, ia mendapatkan berbagai pengalaman terkait manajemen waktu dalam mencari nasabah. Dalam praktik, pihaknya memberikan edukasi terlebih dahulu terkait sistem menabung di BSI. “Peran kami untuk membantu teman dan nasabah tersebut dengan cara mempromosikan serta memberikan edukasi terkait tabungan apa saja yang ada di bank BSI, di mana untuk membuka buku tabungan BSI ada yang namanya easy mudharabah dan easy wadiah,” paparnya. Fakhita juga menuturkan rasa senangnya bisa bergabung mengikuti kuliah on the spot ini. “Melalui kuliah ini kami mendapat relasi dan juga mendapatkan ilmu yang belum kami dapatkan, kami dapat menerapkan teori dan praktek secara seimbang,” urainya. Fakhita berharap ia dan teman-teman angkatannya dapat menjadi sumber daya manusia yang unggul dengan memiliki bekal yang berkualitas.

Kuliah on the spot ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi Perbankan Syariah semester 5. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus