Pelantikan Pengurus HMPS HTN: Jalankan Program, Konsolidasi, dan Kebersamaan


(iainfmpapua.ac.id) Himpunan Mahasiswa Program Studi Hukum Tata Negara (HMPS HTN) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Pelantikan Pengurus Periode 2023/2024, di aula kampus, 27 November 2023.

Wakil Dekan II Fakultas Syariah, Dr. Drs. Sabar Podu, M.H.I berpesan kepada para pengurus yang baru dilantik bahwa ada 3 point penting dalam berorganisasi. “Yang pertama menjalankan program-program organisasi, dengan adanya regenerasi pengurus, maka program yang sudah ada sebelumnya bisa ditingkatkan,” ujarnya. Point kedua yang perlu dilakukan dalam berorganisasi dengan mengedepankan konsolidasi. “Organisasi itu dilihat dari kebersamaan pengurusnya dalam menjalankan sebuah program, apakah program yang dijalankan bisa berhasil atau tidak tergantung pada kekompakan pengurusnya,” imbuhnya. Sabar juga menyebutkan point penting lainnya yakni menjaga semangat kebersamaan. “Jangan semangat hanya saat dilantik saja dan setelahnya tidak aktif, namun semangat tersebut harus terus dijalankan hingga akhir masa kepengurusan,” jelasnya. Menurutnya jika 3 komponen tersebut dijalankan maka organisasi HMPS HTN ini bisa lebih unggul. Sabar juga menekankan bahwa HMPS HTN ini bertugas untuk mengayomi. “Baik adik atau kakak tingkat, karenanya jaga nama baik prodi maupun fakultas jangan sampai aspirasi maupun program kegiatan yang dilakukan melanggar hukum,” terangnya. Harapannya para pengurus yang baru dilantik dapat menjalankan amanah dengan baik serta mempertanggungjawabkannya.


Sabar mengapresiasi para dimisioner yang telah menjalankan tugasnya hingga akhir masa kepengurusan. “Karya-karya yang sudah kalian lakukan selama masa menjabat HMPS bisa dicontoh dan ditingkatkan lagi oleh pengurus yang baru,” tuturnya.

Ketua Prodi HTN, Zulfadli, M.H menyebutkan bahwa kepengurusan HMPS merupakan perpanjangan tangan dari teman-teman di lingkup prodi. “Kalian merupakan icon atau contoh bagi teman-teman mahasiswa yang lain sehingga diharapkan kalian dapat memberikan pemahaman atau edukasi bagi yang lain khususnya terkait berorganisasi,” jelasnya. Zulfadli meminta para pengurus HMPS HTN dapat memberikan pencerahan bagi teman yang lain bahwa berorganisasi itu tidak mengganggu perkuliahan. “Selagi dijalani dengan seimbang, karena berorganisi itu moment pembentukan karakter dididik menjadi diri sendiri dan juga bersosialisasi,” ungkapnya. Zulfadli juga berpesan agar para pengurus dapat mengaplikasikan optimalisasi kepemimpinan dan karakter yang berkualitas dalam berorganisasi.

Ketua dimisioner, Muhammad Hudzaifah berpesan agar para pengurus baru bisa terus meningkatkan optimisme yang dimiliki. “Tantangan yang dihadapi tiap tahunnya pasti berbeda namun dengan optimisme yang kalian punya pasti bisa menjawab tantangan-tantangan tersebut,” imbuhnya.

Ketua panitia, Muhammad Hamid memaparkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meregenerasi kepemimpinan HMPS HTN. “Pelantikan ini diharapkan menjadi HMPS yang bisa membangun kecakapan mahasiswa prodi HTN menjadi generasi baru yang berkualitas, loyalitas dan integritas,” paparnya.


Wakil Dekan II melantik Nur Dyana Aprilia sebagai Ketua Umum HMPS HTN Periode 2023/2024 bersama jajaran pengurus lainnya. Kegiatan dengan tema ‘Bersama Menciptakan Optimalisasi Kepemimpinan Dalam Mewujudkan Karakteristik Mahasiswa yang Berkualitas’ ini dihadiri oleh pejabat, pengurus dimisioner dan alumni di lingkungan Prodi HTN. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus