HMPS Ekonomi Syariah Gelar Pelatihan KTI dan Penggunaan Mendeley

(iainfmpapua.ac.id) – Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (HMPS ES) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan Penggunaan Aplikasi Mendeley, di aula kampus, 18 November 2023.

Dosen Ekonomi Syariah Jukri Baharudin, M.E dalam materinya memaparkan bahwa pelatihan karya tulis ilmiah ini bertujuan membuat mahasiswa mengenal secara dalam tentang tips dan trik menulis karya ilmiah. “Di samping pemahaman menulis, mahasiswa juga perlu dibekali dengan peningkatan pencarian materi referensi yang menjadi bahan karya ilmiah,” paparnya. Menurutnya, saat ini sudah banyak platform online yang menyediakan berbagai fitur referensi. “Seperti google scholar, perpusnas dan sebagainya, di mana istilah pencarian referensi tersebut saat ini lebih dikenal dengan online research skill atau ORS,” ujarnya. Jukri menambahkan, point penting yang harus dikuasai mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah adalah kepekaan atas situasi yang terjadi di lingkungan sekitar. “Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang muncul di lingkungan sekitar, menganalisanya kemudian mampu menyelesaikan masalah tersebut, hal ini harus diimbangi dengan penguasaan metode penelitian,” ungkapnya. Jukri berharap, dengan meningkatnya pengetahuan mahasiswa dalam penggunaan ORS akan membuat mereka mampu menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. “Dengan tidak menjadikan platform-platform komersil seperti wikipedia ataupun blogspot sebagai bahan rujukan atau referensi dalam membuat karya ilmiah,” imbuhnya.

Pemateri lain, Shimah Fauziah Yeubun, M.E menuturkan bahwa penggunaan software Mendeley bertujuan memudahkan mahasiswa melakukan pengutipan sitasi dan manajemen referensi yang baik. “Serta dapat meminimalisasi terjadinya plagiasi pada karya ilmiah, ataupun penulisan makalah, artikel, jurnal, skripsi dan lainnya,” ungkapnya. Shimah juga menekankan setiap penulisan di Mendeley dapat mengidentifikasi kualitas dan keaslian setiap referensi yang digunakan. “Penulis dapat mengolah dokumen referensi yang dimiliki, membuat pengelompokkan berdasarkan topik atau kategori tertentu serta dapat me-retrieve meta data yang terdapat di dalam dokumen sehingga meminimalisir terjadinya plagiarism,” tuturnya.


Ketua Prodi ES Abd. Karman, M.M. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari penguatan kapasitas mahasiswa. “Hal ini untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah dan persiapan menyongsong penulisan tugas akhir,” ungkapnya. Menurutnya, pelatihan ini penting bagi mahasiswa dalam penulisan tugas akhir skripsi untuk mengecek keaslian karya tersebut. “Karena saat ini setiap mahasiswa yang menyusun karya ilmiah baik tugas mata kuliah atau persiapan ikut kompetisi hingga tugas akhir sudah diwajibkan menggunakan tools manajemen referensi serta pemeriksaan similarity melalui Turnitin,” urainya.

Ketua Umum HMPS ES Sahrul menyebutkan bahwa kegiatan ini diikuti mahasiswa semester 3 dan 5 Prodi Ekonomi Syariah FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus