Pelatihan Metodologi Pengabdian: Papua Ladang Riset


(iainfmpapua.ac.id) –  Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua menggelar kegiatan ‘Pelatihan Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Riset’ secara hybrid di ruang LPPM, 23 November 2023.

Wakil Rektor II IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Amirullah, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah yang patut diapresiasi. “Mengingat Papua merupakan daerah ladang riset,” ucapnya. Ia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para peserta dan dapat berkelanjutan di masa depan. “Selain itu ke depan juga dapat digagas kegiatan seperti ini namun berkolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya di Papua,” jelasnya. Selain kolaborasi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama kampus lain, pihaknya juga berharap dapat dilaksanakan pertukaran dosen maupun mahasiswa. “Seperti dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk penerapan MBKM,” tambahnya.


Kegiatan ini menghadirkan Ketua LPPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr. Muhrisun Affandi, BSw, M.Ag secara daring. Dalam paparannya, ia mengingatkan mahasiswa untuk lebih fleksibel saat menulis gagasan dalam laporan penelitian. “Jangan terlalu berlebihan dalam menyampaikan gagasan sehingga membuat tulisan bersifat sangat segmented, karena ini akan membatasi segmen pembaca penelitian kita,” ucapnya. Ia juga mengingatkan mahasiswa saat melaksanakan kegiatan KKN nantinya harus lebih condong pada kegiatan non fisik. “Jangan berorientasi pembangunan jembatan atau sarpras, itu sudah ada dana desa, tapi bentuklah kegiatan yang meningkatkan soft skill masyarakat, lakukan pendekatan dalam bentuk partnership,” ungkapnya. Menurut Muhrisin, mahasiswa harus mampu membuat program  yang spesifik dan berkelanjutan. “Program kerja jangan yang berhenti saat kalian selesai KKN, tapi buatlah berkelanjutan, misalnya menjadikan desa wisata edukasi pada sektor pertanian,” tambahnya.


Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat IAIN Fattahul Muluk Papua Gazali Renngiwur, M.Pd mengatakan, kegiatan ini juga menghadirkan Kepala PPM UIN Sunan Kalijaga Ir. Trio Yonathan Tejakusuma, ST, MT, sebagai pemateri secara daring. Pelatihan ini diikuti para dosen dan perwakilan mahasiswa di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus