LPPM IAIN Papua Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Jurnal Terindex Scopus

(iainfmpapua.ac.id) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menyelenggarakan Pelatihan ‘Penulisan Artikel Untuk Jurnal Terindeks Scopus’ di Gedung LPPM , 6 November 2023. Pada pelatihan kali ini Pusat Penelitian dan Penerbitan LPPM IAIN Fattahul Muluk Papua menghadirkan secara langsung dua praktisi di dunia pendidikan yakni Founder of IA Scholar Foundation  Prof. Dr. Irwan Abdullah dan Director of IA Scholar Foundation Dr. Hasse J, M.A.

Prof. Irwan mengatakan, pada umumnya, sistimatika penulisan jurnal di seluruh dunia adalah sama. “Dimulai dari intro, literature review, method, result, discussion dan cunclusion, jika sudah memahami sistimatika ini tentunya sudah mudah untuk menghasilkan tulisan yang baik,” ucapnya. Ia mengingatkan para dosen untuk memahami setiap bagian dari 6 komponen penting tersebut. “Yang jadi persoalan yaitu ketika tidak memahami 6 komponen ini beserta penempatannya, misal setelah intro langsung masuk discussion karena bersemangat, tapi ini tidak sesuai dengan kaidahnya,” ungkapnya. Menurut Prof. Irwan, sebuah tulisan atau artikel dapat menarik jika paragraf-paragraf di dalamnya juga menarik. “Untuk membuat paragraf yang menarik harus tersedia PREC yakni point, reason, evidence dan conclusion di dalam satu paragraf,”imbuhnya. Selain menulis, ia mengingatkan untuk menerbitkan atau mempublikasikan artikel tersebut ke dalam sebuah jurnal education. 


Dalam kesempatan yang sama, Direktur IA Schoolar Foundation Dr. Hasse J, M.A membagikan pengetahuannya terkait kiat-kiat untuk memperoleh sebuah judul tulisan yang baik serta memperoleh sebuah judul yang menarik.

Sementara itu, Ketua Pusat Penelitian dan Penerbitan LPPM IAIN Fattahul Muluk Papua Andi Miftahul Mulidil Mursyid, M.Pd menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada para dosen dan mahasiswa terkait kaidah-kaidah penulisan artikel yang berkualitas. “Agar dapat dipublikasi pada jurnal yang bereputasi atau terindeks scopus,” ujarnya mendampingi Ketua LPPM Dr. Ade Yamin, MA. Menurut Muldi, kegiatan ini juga merupakan implementasi dari program-program LPPM, khususnya pada pusat penelitian dan penerbitan “Tidak hanya itu, ini juga merupakan wujud keseriusan LPPM dalam mewujudkan visi dan misi IAIN Fattahul Muluk Papua menjadi kampus yang berbasis research university,” tutupnya. Kegiatan ini diikuti para dosen dan perwakilan mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus