Kuliah Tamu PPs IAIN Papua: Prof. Saifuddin Berikan Kiat Menuju Jurnal Internasional

(iainfmpapua.ac.id) Program Pascasarjana (PPs) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Kuliah Tamu dengan tema ‘Kiat Menulis Artikel dan Mempublikasikannya Pada Jurnal Bereputasi’, secara daring, 20 November 2023.

Dalam materinya, Prof. Dr. Saifuddin Zuhri, S.Th.I., M.A dari UIN Sunan Kalijaga memberikan tips penulisan artikel untuk jurnal internasional. “Dimulai dari penulisan judul yang harus mengandung beberapa indicator seperti objek formal yang merupakan satu konsep yang digunakan sebagai sudut pandang, cara berpikir, dan kerangka teori, kemudian objek material merupakan data utama atau materi apa yang ingin dibahas,” ujarnya. Menurutnya, sebuah judul artikel juga harus mengandung konteks. “Konteks disini sebagai pembatas, karena dalam artikel perlu menekankan satu topik bahasan saja, perlu menyampaikan satu pesan apa yang ingin dibahas dan disampaikan kepada para pembaca,” tuturnya. Langkah selanjutnya dalam penulisan artikel adalah menyusun introduction atau latar belakang masalah. “Struktur berpikir dari sebuah artikel itu terletak pada introductionnya yang berisi 500 kata atau dua halaman yang mengandung fakta social, fakta literature, tujuan, argument atau hipotesis,” urainya.

Point terakhir yang harus ada dalam introduction adalah metode penelitian. “Bagian ini merupakan pertanggung jawaban peneliti terhadap jalannya penelitian, terkait metode apa yang digunakan dalam mendapatkan data, bagaimana mengolah hasil penelitian dan bagaimana menganalisis hasil penelitian,” terangnya. Menurutnya, jika penulis sudah menguasai langkah-langkah dalam penulisan artikel maka sudah dapat membuat sebuah tulisan yang baik.

Direktur PPs IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. Faisal, M.HI dalam sambutannya memaparkan bahwa kuliah tamu ini bertujuan agar dapat memberikan pencerahaan bagi mahasiswa terkait kiat menulis artikel. “Agar selama menempuh pendidikan di pascasarjana dapat menghasilkan satu artikel yang dapat dipublish pada jurnal bereputasi,” ungkapnya. Pihaknya, menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya agar dapat memberikan wawasan dan melatih mahasiswa secara langsung. “Terkait bagaimana teknik atau tata cara menulis artikel yang baik hingga layak dan memenuhi standar dan bisa diterima oleh berbagai pihak yang mempublikasi jurnal,” paparnya.


Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Magister Pendidikan Agama Islam dan Magister Hukum Keluarga Islam di lingkungan PPs IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus