Seminar Hasil Penelitian: Tanpa Publikasi, Hasil Penelitian Tidak Ada Gunanya

(iainfmpapua.ac.id)  Jika tidak dipublikasikan, maka hasil penelitian tidak akan berguna. Reviewer dari IAIN Pontianak Prof. Dr. H. Zaenuddin Hudi Prasojo, M.A menyampaikan hal ini dalam kegiatan Seminar Hasil Penelitian 2023 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua, di ruangan LPPM Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 27 November 2023.


“Publikasi ini sebenarnya yang menjadi penentu, karena karya hasil penelitian dosen atau mahasiswa jika tidak ada publikasinya maka bagi diri sendiripun tidak ada gunanya,” ucapnya. Di sisi lain, Prof. Zaenuddin juga berharap agar ke depan perlu adanya rumpun keilmuan dosen.Rumpun keilmuan dosen ini untuk memudahkan dosen dalam penelitian, dan juga akan penting bagi karir dosen di masa depan,” tambahnya.

Dalam sambutan pembukaan kegiatan ini, Wakil Rektor I IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Talabuddin Umkabu, M.Pd mengingatkan  para dosen untuk memberikan kontribusi kepada instansi melalui karyanya yang dipublikasikan. “Hasil penelitian yang sudah didapatkan dibuat dalam bentuk sebuah karya tulisan agar memberikan dampak tidak hanya bagi dosen sendiri, namun juga instansi, bahkan bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ucapnya. Warek mengatakan, saat ini persaingan antar kampus bukan lagi soal fisik bangunan. “Bukan lagi perkara bangunan siapa yang paling megah namun melalui karya tulis dosen yang sudah terpublikasi,” jelasnya.


Sementara itu, Ketua LPPM IAIN Fattahul muluk Papua Dr. Ade Yamin, MA dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan 2 rangkaian kegiatan, yakni Seminar Hasil Penelitian 2023 dan Proposal Penelitian 2024. “Namun karena juknis belum didapatkan, maka kegiatan proposal penelitian akan diadakan kemudian,” ucapnya. Seminar ini juga menghadirkan Reviewer Dr. Mufliha Wijayati, M.Si dari IAIN Metro. Kegiatan selama dua hari ini diikuti para dosen dan mahasiswa di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus