HMPS Tadris Bahasa Inggris Gelar Kajian Tentang Organisasi

 

(iainfmpapua.ac.id) – Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar kajian seputar organisasi di aula kampus, Jalan Merah Putih Buper Waena Kota Jayapura, 10 Maret 2023. Dalam sambutan pembukaan kegiatan ini, Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. Zulihi, M.Ag mengajak mahasiswa untuk membuat sebuah perubahan yang diawali dari diri sendiri.

“Kembangkan potensi kalian selama menjadi seorang mahasiswa, jangan hanya menjadikan kegiatan ini hanya sekedar formalitas,” tuturnya. Dekan menyebutkan, HMPS TBI adalah organisasi penting yang merupakan bagian dari Prodi, sehingga memiliki tugas dan tanggung jawab yang luar biasa. “Mahasiswa di sini memiliki latar belakang berbeda, ada yang dari pondok pesantren, SMA, SMK ataupun yang lain, yang mana tingkat pemahaman keilmuan jelas tentu berbeda, oleh karena itu penting untuk melakukan kajian siraman rohani seperti ini, karena ini juga bagian dari pengembangan akademik,” ujarnya. Dekan meminta kepada seluruh mahasiswa TBI untuk bersama-sama mensosialisasikan keberadaan kampus di lingkungan tempat tinggal sekitarnya.

Sekretaris Prodi Tadris Bahasa Inggris Rahmawansyah, M.Pd, mengapresiasi kepada seluruh pengurus HMPS TBI yang telah berinovasi membuat sebuah program untuk peningkatan kompetensi bagi mahasiswa. “Kegiatan seperti ini bisa berkontribusi terhadap pengembangan pengetahuan yang bisa berdampak langsung bagi mahasiswa dan bisa menjadi penilaian saat akreditasi,” urainya. Rahmawansyah juga mengatakan, Ilmu yang didapat mahasiswa saat perkuliahan tidak cukup. “Maka perlu wadah yang lain agar bisa terus mengembangkan hard skill maupun soft skill,” paparnya.

Pemateri kajian TBI Sigit Purwaka, M.Pd menegaskan bahwa semua orang pasti memiliki peran dalam sebuah organisasi. “Apapun posisi kita yang nampak atau tidak nampak, yang disebut ataupun tidak disebut semua harus berkontribusi, pengalaman berorganisasi akan berguna di masyarakat terutama dalam dunia kerja,” pungkasnya.

Ketua HMPS Tadris Bahasa Inggris, Eka Asriani Rumalean mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja perdana setelah dilantik. Kajian rutin bertema ‘Penguatan Kapasitas Sebagai Organisator‘ ini diharapkan dapat menjadi bekal mahasiswa sebagai organisatoris. “Sehingga menjadi aktif dan partisipatif dalam kehidupan di lingkungan kampus maupun di masyarakat,” ucap mahasiswa semester 6 ini.

Kajian ini dihadiri para pejabat fakultas, dan diikuti mahasiswa Prodi TBI IAIN Fattahul Muluk Papua. (*)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus