Perpustakaan IAIN Papua Sosialisasikan Manfaat Turnitin Ke Mahasiswa

 

(iainfmpapua.ac.id) – Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar ‘Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Turnitin Bagi Mahasiswa’ di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua, bertempat di gedung aula terpadu kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Jalan Merah Putih Buper Waena, Kota Jayapura, Selasa 30 Mei 2023.

Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag., M.Pd dalam sambutannya  meminta mahasiswa untuk bersungguh-sungguh dalam melakukan segala kegiatan perkuliahan. “Apapun itu, kerjakan dengan benar, jangan asal jadi, sehingga apa yang dilakukan menghasilkan kualitas,” ujarnya. Terkait dengan aplikasi turnitin dalam mengecek kualitas tulisan akhir mahasiswa, Rektor berpesan agar para peserta dapat mengerjakan tugas akhirnya dengan sebaik-baiknya. “Sama halnya dengan membuat skripsi, kerjakan dengan sebaik-baiknya sehingga menghasilkan sesuatu yang berkualitas dan bermanfaat,” tambahnya. Sosialisasi pemanfaatan aplikasi turnitin merupakan kegiatan yang penting untuk dilaksanakan. “Aplikasi ini sangat bagus untuk mahasiswa dan dosen, tulisan yang dihasilkan mahasiswa dapat kita jamin keorisinilannya dan menghindari plagiasi-plagiasi,” ungkapnya. Rektor mengingatkan agar skripsi yang telah dihasilkan mahasiswa harus bermanfaat bagi kemaslahatan umat di masa depan.

Di tempat yang sama, Kepala Perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Papua Tuwaji, S.Sos., M.Si yang juga menjadi narasumber pada kegiatan ini menjelaskan materi tentang karya tulis ilmiah. “Untuk membuat karya tulis ilmiah perlu didukung data objektif yang teruji kebenarannya,” jelasnya. Tulisan yang secara subyektif, lanjutnya, dapat didasarkan pada ide dan gagasan penulis dan menggunakan sistem sitasi yang benar sehingga tidak terdeteksi sebagai plagiasi. Tuwaji berharap melalui sosialisasi ini mahasiswa lebih aware pentingnya menjamin keaslian dari kerya tulis mereka. “Manfaatkan aplikasi ini agar hasil karya kalian berkualitas, tidak hanya mencatut karya orang lain, tapi murni dari diri kalian dan dapat dipublikasi,” pungkasnya. Kegiatan ini juga menghadirkan pemateri Pustakawan Sahibul Kahfi, S.Pd. Sosialisasi diikuti 83 mahasiswa akhir sebagai peserta luring, dan para mahasiswa lain yang mengikuti secara daring. Pembukaan kegiatan ini dihadiri jajaran pimpinan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus