LKBHI IAIN Papua Teken Kerjasama Dengan PA Arso

 


(iainfmpapua.ac.id) – Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menandatangani naskah kerjasama (Memorandum of Understanding) dengan Pengadilan Agama (PA) Arso di Kantor PA Arso Kabupaten Keerom, 2 Maret 2023.

Dalam sambutannya Wakil Dekan I Fakultas Syariah Dr. M. Thohar Al-Abza, MA menyampaikan bahwa pihaknya telah memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para mahasiswa terkait berbagai problem hukum terkini.

“Tentang hukum waris, hukum perkawinan, semua kami gembleng, karena mereka harus siap, dalam menghadapi persaingan dunia yang semakin terbuka,” urainya. Pihaknya berharap kepada para pejabat di PA Arso untuk terus memberikan dukungan kepada para mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua yang aktif dalam POSBAKUM (Pos Bantuan Hukum) di PA Arso. “Terimakasih kepada seluruh pejabat yang ada di PA Arso, yang telah memberi kesempatan kepada anak-anak kami untuk mengasah, dan memperdalan ilmunya, serta mengeruk pengalaman terbaiknya di sini melalui praktik kerja lapangan atau kegiatan lainnya,” paparnya.

Ketua PA Arso Idris, MH menekankan pentingnya penguasaan bidang kewarisan dan hukum-hukum perkawinan secara lebih baik kepada mahasiswa. “Para alumni nanti harus menguasai hal ini, karena nanti akan bersaing dengan lulusan kampus umum lain yang juga bisa masuk ke pengadilan agama,” tuturnya. Ia mengingatkan agar para mahasiswa memperkuat wawasan tentang kaidah fiqiyah dan kaidah ushul fiqh dengan maksimal.

Direktur LKBHI IAIN Fattahul Muluk Papua Hj. Qutsiyah, MH mengatakan bahwa kerjasama ini bertujuan memberikan pelayanan hukum kepada pengadilan Arso. “Ini sebagai bagian dari penyelenggaraan dan penggunaan layanan hukum di lingkungan pengadilan agama, yang bertanggung jawab, berkualitas serta integritas dan terkoordinasi, demi pencapaian rasa keadilan,” terangnya. Penandatanganan naskah kerjasama ini juga ditindaklanjuti dengan pemagangan mahasiswa (praktik kerja lapangan) dan rencana diskusi bedah hukum bersama pengadilan selaku praktisi hukum. Kegiatan ini dihadiri jajaran pimpinan PA Arso, para hakim, sekretaris, panitera, dan perwakilan unsur pimpinan serta mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua. (*)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus