Lomba Esai FEBI FEST IAIN Papua Lampaui Ekspektasi

 

(iainfmpapua.ac.id) – Lomba esai tingkat provinsi dan tingkat nasional secara daring yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua melampaui ekspektasi panitia. “Peserta yang mendaftar hampir dari seluruh perguruan tinggi keagamaan negeri di Indonesia,” ucap Dekan FEBI Dr. M. Anang Firdaus, M.Fil.I saat dihubungi tim Humas, 12 Maret 2023.

Menurutnya, sebagian besar dari para peserta tersebut mengusulkan agar lomba esai dapat dilaksanakan secara hybrid pada moment berikutnya. “Yakni online saat penyisihan, dan off line atau onsite pada babak final,” terangnya. Anang menyebut, lomba essay ini bertujuan mengeksplor kemampuan mahasiswa (tingkat nasional) dan siswa SMA (tingkat provinsi) dalam membaca fenomena di sekitar. “Diterjemahkan dalam bentuk essay tentunya sesuai dengan tema yang telah ditetapkan,” paparnya. Selain itu, lomba ini untuk membuka jejaring silaturahmi dengan mahasiswa dan kampus seluruh Indonesia. “Ke depannya, program ini akan menjadi agenda rutin dengan penyelenggaraan yang lebih baik sebagai rangkaian FEBI FEST dan dies natalies FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua,” urainya.

Anggota panitia FEBI FEST Fachrudin Fikri Affandy, ME menyebutkan bahwa lomba ini dapat melihat kemampuan mahasiswa serta siswa untuk berpikir kritis dalam mengembangkan ide, gagasan, serta inovasi ke dalam sebuah karya menulis ilmiah. Tema besar Essay Competition Mahasiswa adalah ‘Membangun Ekosistem Keuangan Syariah di Era Digitalisasi Perbankan Syariah’. “Sedangkan tema besar untuk Essay siswa tingkat Provinsi Papua adalah Akselerasi Ekonomi Kreatif di Papua pada Era Digitalisasi Perbankan,” jelasnya.

Empat puluh enam peserta mengikuti Essay nasional competition, diantaranya dari IAIN Fattahul Muluk Papua, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, STAI Barumun Raya Sibuhuan, IAIN Ponorogo, UIN Walisongo Semarang, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, IAIN Bone, STAI Salahuddin Pasuruan, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Salatiga, IAIN Kudus, dan Universitas Tidar Magelang. “Untuk peserta Essay siswa tingkat Provinsi Papua di antaranya dari SMAN 1 Jayapura, SMAN 4 Jayapura, dan MA YPKP Sentani Kabupaten Jayapura,” urainya.

Esai para peserta akan dinilai dari sisi inovasi (kebaharuan gagasan), kesesuaian tulisan dengan tema, penampilan, serta teknik presentasi di hadapan dewan juri. “Pada kedua lomba ini, kami memberikan hadiah uang pembinaan dan E-sertifikat pada setiap kategori juara,” pungkasnya. Pengumuman pemenang akan digelar pada puncak FEBI FEST tanggal 15 Maret 2023 di kampus IAIN Fattahul Muluk Papua, Jalan Merah Putih Buper Waena, Kota Jayapura. (*)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus