Mahasiswa IAIN Papua Raih Juara II Sharia Business Plan Tingkat Nasional

 

(iainfmpapua.ac.id) – Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Fakhita Rezani Alhamid  berhasil menyabet Juara II Lomba Sharia Business Plan Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Pengurus Dewan Eksekutif Mahaisswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam (DEMA FEBI) IAIN Palopo, 2-8 Maret 2023.

Hani, sapaan akrabnya, mengaku sudah tertarik saat awal melihat brosur lomba. “Karena passion saya di situ. saya memiliki beberapa bisnis kecil-kecilan yang saya jalani sejak masih sekolah, jadi bukan hanya untuk berdagang, saya juga ingin mencari pengalaman di dunia perkuliahan dan mampu mengaitkan dua hal ini,” ucapnya.  Di tengah perjalanan, Hani sempat ingin berhenti mengerjakan proposal, dikarenakan merasa sulit belajar secara otodidak terutama di bagian perhitungan titik impas. “Tetapi dengan support dosen, dan teman-teman saya kembali bersemangat menyelesaikan proposal ini hingga selesai dan alhamdulillah ada dosen pendamping yang membantu mempersiapkan presentasi saya,” tutur mahasiswa semester 4 ini. Dukungan itu membuatnya percaya diri di depan panggung dan lancar dalam menjawab pertanyaan dari juri.

Dihubungi Tim Humas, Dosen Pendamping, Shimah Fauziah yeubun M.E merasa bangga terhadap prestasi yang diraih Hani. “Kesiapan materi dan mentalnya sangat bagus, kebetulan Hani mendapatkan nomor urut pertama ketika mempresentasikan proposalnya,” urainya. Ia menuturkan bahwa mahasiswanya sangat tenang dan menguasai seluruh pertanyaan juri yang dijawab seorang diri. “Berbeda dengan tim lawannya yang beregu 3 orang,” paparnya.

Dengan proposal berjudul ‘Fenomena Minat Jual Beli Barang Thrifting Dalam Bentuk Mewujudkan Gaya Hidup Masyarakat Terkhusus Di Kalangan Mahasiswa’, Hani berhasil mengalahkan peserta tuan rumah, IAIN Palopo yang meraih juara tiga. Juara pertama lomba ini diperoleh peserta dari UIN Alauiddin Makassar. Atas prestasinya ini, Hani berhak mendapatkan sertifikat, piala dan uang pembinaan.

Ketua Program Studi Perbankan Syariah Fakhrudin Fiqri Affandy, M.E, bersyukur atas apa yang telah didapatkan oleh Fakhita Rezani Alhamid pada ajang FEBI EXPO Ke-5 di IAIN Palopo. “Kami menghaturkan terima kasih kepada rektor beserta jajaran dan dekan beserta jajaran yang telah memfasilitasi mahasiswa mengembangkan kemampuannya di event nasional,” ucapnya. Hani telah membuktikan bahwa teori dan praktik harus sejalan dalam memulai bisnis. “Kami berharap ada even-even berikutnya dapat diikuti oleh mahasiswa, dan bisat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berkarya,” terangnya.

Panitia kegiatan Muhaimin mengatakan, FEBI EXPO ini bertujuan sebagai ajang pengembangan bakat dan kemampuan mahasiswa. “Agar dapat memotivasi mahasiswa memunculkan ide kreatif dan inovasi ilmiah dalam bidang yang ditekuni,” ucapnya. FEBI Expo ke 5 Tahun 2023 yang diselenggarakan IAIN Palopo bertema ‘Menciptakan Ekonomi Muda dengan Manajemen Talenta di Era Digital’. Lomba ini terdiri dari Lomba Essay, Lomba Business Plan, E-Sport, Lomba Tari, Lomba Menyanyi, Musikalisasi Puisi, Fashion Show, dan lain sebagainya(*)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus