Khutbah Idul Fitri: Rektor IAIN Papua Ajak Tingkatkan Rasa Syukur

 

(iainfmpapua.ac.id) – Umat manusia sudah selayaknya meningkatkan rasa syukur kepada penciptanya, Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, M.Pd menyampaikan hal ini saat hadir sebagai khatib dalam khutbah Sholat Idul Fitri 1444 H di lapangan Mako Brimob Polda Papua, Jayapura, 22 April 2023.

“Allah SWT memberikan segala kenikmatan kepada hamba-Nya tanpa pilih kasih siapa orangnya, apa pun bentuknya, dari mana pun asalnya, apa pun sukunya dan bagaimana pun keadaannya,” ucapnya. Nikmat dan anugrah Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya sangatlah besar, dari nikmat dan anugrah yang paling kecil sampai yang terbesar, dari yang terlihat sampai tidak terlihat, dari yang terlintas sampai yang tidak terlintas, dan dari yang disadari sampai pada yang tidak disadari. Menurutnya, momentum penting dalam mengoptimalisasi rasa syukur di bulan suci Ramadan sebelumnya yang harus selalu dijaga adalah dimensi qauliyahi (lisan). “Di bulan suci Ramadan, lisan, senantiasa dijaga dari perkataan jorok, lisan diarahkan untuk senantiasa berkata baik, berzikir kepada Allah, membaca al-quran, bertasbih, bertahmid, bertakbir dan bertahlil, hal itu adalah optimalisasi dimensi qauliyah atau lisan untuk bersyukur kepada Allah SWT,” tuturnya.

Berikutnya, adalah dimensi fi’liyah (perbuatan). “Di bulan suci Ramadan, semua perbuatan hamba-hamba Allah SWT, senantiasa diarahkan untuk berkahlak mulia, berdiri, ruku, sujud dan duduk membesarkan, mengagungkan, dan mensucikan Allah SWT, maka yang demikain itu, adalah mengoptimalkan dimensi fi’liyah hamba-hamba untuk bersyukur kepada Allah SWT,” paparnya. Sedangkan yang terakhir, lanjutnya, adalah dimensi qalbiyah (hati).

Khutbah Idul Fitri dengan tema ‘Ramadan Wahana Optimalisasi Syukur Kepada Allah SWT’ ini berlangsung dalam kondisi hujan gerimis. Rangkaian Sholat Idul Fitri dengan imam sholat Ustad Abdulrahman Kasim, S.Ag ini diikuti kaum muslim di wilayah Abepura dan sekitarnya. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus