Mahasiswa IAIN Papua Gelar Pengajian Dan Bukber Di Masyarakat Muslim Perbatasan

 

(iainfmpapua.ac.id) – Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua yang tergabung dalam komunitas TPQ Al-Hudz menggelar pengajian dan buka puasa bersama (bukber) masyarakat muslim kawasan Masjid Al-Aqshaa, Kampung Skow Sae, Distrik Muara Tami Kota Jayapura, 8 April 2023.

Pengurus Majelis Taklim Masjid Al-Agshaa Aisyah menyambut baik kedatangan para mahasiswa yang sebagian diantaranya pernah melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di tempat tersebut. “Kedatangan teman-teman ini sangat kami syukuri karena sangat mendatangkan kebahagian dan juga suasana baru bagi masyarakat,” imbuhnya. Aisyah berharap kiranya amalan kebaikan dari mahasiswa mendapatkan pahala yang dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Founder TPQ Al-Hudz Muhammad Hudzaifah memaparkan bahwa kegiatan pengajian dan buka puasa bersama ini sebagai upaya pengabdian mahasiswa untuk mempererat tali silaturahmi dengan warga di wilayah perbatasan Indonesia dan Papua Nugini. “Baik antar warga dan juga mahasiswa yang dulunya melakukan KKN di kampung ini,” ujar mahasiwa Prodi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah ini. Menurutnya, bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh berkah di mana umat muslim diberikan kesempatan untuk berlomba dalam kebaikan.

Alumni IAIN Fattahul Muluk Papua Ninda Fitri Rohmatika selaku ketua panitia kegiatan menerangkan bahwa kegiatan buka puasa bersama ini digelar memanfaatkan momentum bulan Ramadhan. “Lewat kegiatan ini masyarakat akan menilai bahwa mahasiswa tidak hanya kuliah untuk mengejar gelar saja, namun juga memiliki jiwa sosial yang tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat,” terangnya. Selain itu kegiatan ini juga untuk menambah kreativitas mahasiswa/i yang tergabung dalam komunitas TPQ Al-Hudz. “Agar selalu supportif dalam memberikan pelayanan jasa baik itu di bidang pendidikan maupun sosial masyarakat,” terangnya.

Selain pengajian, kegiatan dengan tema ‘Semarak Ramadhan, Mempererat Tali Silaturahim Persaudaraan’ ini dirangkai dengan pembagian doorprize sembako untuk masyarakat. Kegiatan ini turut dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari Kepala Kampung, Ketua RT/RW perwakilan aparat TNI dan Polri, Imam Masjid, Remaja Masjid, Ketua TPQ dan masyarakat setempat. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus