IAIN Papua Rintis Kerjasama Internasional

 

(iainfmpapua.ac.id) –Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua merintis kerjasama internasional dengan penandatanganan LoA (Letter of Agreement) antara Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, M.Pd bersama Dekan Fakulti Pengajian Islam Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) Prof. Madya Dr. Ahmad Sunawari Long di Pusat Kajian Ushuluddin dan Falsafah Kampus UKM Selangor, Malaysia, 10 Mei 2023.

“Ini salah satu target dan inovasi program kerja kami saat ini, di mana ini menjadi even pertama kali dalam sejarah perjalanan akademik kampus IAIN FM Papua di level internasional,” tutur Marwan Sileuw. Menurutnya, sivitas akademika IAIN FM Papua patut berbangga bahwa tidak hanya dikenal, dikenang dan disebut di level nasional dan regional, tetapi juga pada level internasional. “Tentu saja dengan momentum pertama ini menjadi komitmen untuk membangun dan meningkatkan kerjasama sama internasional selanjutnya dengan negara lainnya,” ujarnya. Setelah LoA, lanjutnya, akan ditindaklanjuti dengan MoU agar dapat memberikan kontribusi positif pada kedua perguruan tinggi.

Wakil Rektor III IAIN FM Papua Dr. Suparto Iribaram, MA menyampaikan bahwa dalam tridarma perguruan tinggi saling melengkapi aspek pendidikan, pengabdian dan penelitian. “Misalnya dalam pendidikan kita bisa menggunakan dosen ahli dari mereka untuk mengajar di kita dan juga sebaliknya dari kita bisa mengajar di kampus mereka, bisa melalui tatap muka langsung maupun online,” paparnya. Kemudian, lanjutnya, dalam sesi pengabdian bisa saling kolaborasi antar mahasiswa untuk melakukan pengabdian baik di Papua maupun di Malaysia. “Dan yang paling penting lagi kerjasama dalam bidang penelitian yang bisa dipublikasikan baik di jurnal lokal kita maupun jurnal di Malaysia, ini penting sehingga kita bisa bergaul dengan tradisi keilmuan secara global melalui kampus kampus ternama, ini adalah upaya kita untuk mendongkrak kampus kita untuk maju dan bergaul dengan perkembangan global,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Program Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Faisal, M.HI menjelaskan bahwa rintisan kerjasama ini bertujuan untuk menguatkan reputasi kampus dan menebar akses seluas-luasnya sesuai dengan visi misi IAIN Fattahul Muluk Papua. “Dengan kerjasama Internasional ini kita melangkah menuju perwujudan kampus yang berwawasan global sesuai dengan visi dan misi institusi,” jelasnya. Menurutnya, ke depan akan dilakukan beberapa kegiatan yang menjadi bentuk tindaklanjut dari penandatanganan kerjasama internasional ini. “Dalam waktu dekat kita akan membuat seminar internasional, pada jangka menengah dapat dibuat riset kolaborasi dan jangka panjangnya kita dapat melakukan pertukaran dosen ataupun mahasiswa,” jelasnya. Penandatanganan LoA ini turut disaksikan para pejabat Fakulti Pengajian Islam Universiti Kebangsaan Malaysia. (*)


Postingan populer dari blog ini

Musorma harus Menghasilkan Pemimpin yang Memiliki Integritas

Mubes UKM Pencak Silat : Buat Gebrakan ke Publik

KPPN Award : IAIN FM Papua Terima Dua Penghargaan Sekaligus